Search This Blog

Friday, July 28, 2017

Sifat Dasar Manusia

Judulnya kok kayak bab pelajaran agama di sekolah yaa, hehehe. Sebenarnya lagi lagi tulisan ini ditujukan padaku terlebih dahulu, sebelum kemudian aku berharap ini juga bisa bermanfaat buat orang lain. karena sejatinya menulis adalah menyehatkan, membahagiakan, kemudian mencerdaskan. tergabung di grup wasap ODOP ini membahagiakanku, walau kadang ciut dengan kesigapan emak emak dalam membagikan buku2 bacaanya yang keren2. tsaaaaah pengen cepat cepat menghabiskan buku bacaan minggu ini yang masih beberapa helai lagi hehe. semangaat

Balik lagi ke topik. kenapa aku ingin merefresing ingatanku tentang "sifat dasar manusia" ini, karena sebetulnya kurasa ada yang salah dengan perasaanku akhir akhir ini hehe, sering berkeluh kesah misalnya, atau merasa tidak punya kekuatan untuk bangkit dan mengambil peran di zaman modern ini (haha ini mah lebay, wong mendidik anak juga peran penting ditengah zaman... ah syudahlah, mamak mamak harus setrong lahir bathin, jiwa raga demi keluarga sakinah mawaddah warahmah dan penuh keberkahan dari allah, ganbatte mamak berat loh tugasmu, gak cuman sekedar bikin obat, cari formula, haha oposiih). 

OKE, tentu tulisan yang akan kurangkai ini berdasarkan sumber valid dan dijelaskan ulang kembali oleh sista sista ku (semoga allah melimpahkan keridhoannya untukmu, amiin).  yuk kita lihat apa saja sih sifat dasar manusia menurut alquran :

1. Manusia suka berkeluh kesah. mmmm siapa yang suka berkeluh kesah ?? saya sayaaa (dikit dikit aduh megumi kenapa sih ga mau makan, padahal, aduh kok jepang panas banget sih, lembab lengket hiks, jadi kangen winter (tuh kan, maunya kok yaaa, giliran winter tetep ngomel dinginnn banget siiik. begini begitu hmmm :(). 
dalam surah al maarij ayat 19, allah sebutkan " sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. 
tuuh benetkan, manusia memiliki sifat dasar suka berkeluh kesah. hmmm. Tapi bukan berarti berkeluh kesah terus dong yaa, apa apa ngeluh, bukankah Allah mencintai hamba yang kuat dibandingkan yang lemah??

2. Kikir
nah ini siapa yang suka kikir?? hehe cengengesan, kikir disini juga termasuk kikir dalam kebaikan misalnya, kikir dalam kebaikan, contohnya, daripada baca status nggak jelas di sosmed, yang bikin hati kadang gak enak, si itu si anu, dan ujung2nya nyinyir (nyinyir yang tidak terlihat juga bahaya looh  hewww). maka sebaiknya isi dengan dzikir, mengingat Allah, buka alquran, atau selesaikan bacaan, atau hal lain yang lebih bermanfaat. 
dalam surah al maarij ayat 19 Allah sebutkan "  sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. selain berkeluh kesah, manusia juga memiliki sifat dasar kikir. 

3. Manusia bersifat lemah (tidak punya kekuatan)
Segala daya upaya hanya milik Allah. dalam surat annisa ayat 28 Allah sebutkan "Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah"
kita adalah hamba Allah, semua yang kita miliki adalah milikNYA, jadi jangan sombong, mintalah kekuatan kepada allah, karena tanpa pertolongannya kita tidak berbuat apa apa. Rendah dirilah dihadapan Allah, dan rendah hatilah dihadapan manusia. 

4. Tergesa gesa. 
Ini nih suka tergesa gesa. tergesa gesa datangnya dari setan, allahu'a'lam. buru buru menyimpulkan orang lain misalnya, hmmm padahal baru ketemu sekali, atau era digital, liat status kok gitu sih, kayaknya orangnya gini deh, hmmm. 
dalam surah al-isra ayat 11 allah sebutkan " dan manusia mendoa untuk kejahatan sebagaimana ia mendoa untuk kebaikan. dan manusia adalah bersifat tergesa gesa". 
ngomong tergesa gesa, asal bunyi, tanpa dipikirkan terlebih dahulu, semoga kita terhindar dari sifat yang beginii, amiin 

5.  Berputus asa.
 Gak lulus ujian, putus asa, gak punya harapan hidup, dan mencoba memutuskan hidup. Naudzubillah.  Benarlah kalau manusia itu memiliki sifat berputus asa. dalam surah al isra ayat 83 Allah berfirman "dan apabila kami berikan kesenangan pada manusia, niscaya berpalinglah dia, dan membelakang dengan sifat sombong, dan apabila ditimpa kesusahan, niscaya dia berputus asa. 
memang begitu, kebanyakan manusia lupa seketika pada yang ngasih kesenangan, dan ketika kesusahan menimpa seolah olah sudah tak punya harapan lagi. padahal bisa jadi kesusahan yang ditimpakan Allah didunia ini sebagai upaya untuk menggugurkan dosa dosanya, karena Allah akan membalas setiap perbuatan kita, kalo gak di dunia, maka di akhirat kelak. 

6. Enggan bersyukur
nah ini yang bahaya. kita lupa bersyukur, padahal nikmat allah tiadalah terhitung. dalam surah fussilat ayat 51 Allah berfirman "dan apabila kami berikan nikmat kepada manusia, ia berpaling dan menjauhkan diri, tetapi apabila ia ditimpa malapetaka, maka ia banyak bersyukur. 
jangan lupa bersyukur setiap saat, karena allah akan menambah nikmatnya bagi orang yang bersyukur. semoga dijauhkan dari kufur nikmat, amiin ya Allah. 


Kita tahu bahwa kita memiliki sifat ini, diciptakan memiliki sifat sifat demikian, apa langkah kita selanjutnya?? ketika menyadari diri sering berkeluh kesah, tergesa gesa, putus asa, kikir dan enggan bersyukur? periksa hati yuuuk, ada salah disana. maka, benarlah seperti lagu obat "obat hati ada 5 perkara" hehe.

Rajin rajin membaca alquran, berdzikir, bertemu orang sholeh/sholehah, tahhajjud sehingga walapun allah ciptakan kita memiliki sifat2 tersebut tapi kita bisa melewatinya dan tidak berlama lama menjadi pesakit.

Quran surah al asr ayat 1-3, Allah sebutkan kalau manusia itu berada dalam kerugian, kecuali orang yang sabar dan menasehati dalam kebaikan. 

Tugas kita saling mengingatkan dan menasehati agar sama sama kembali kejalan yang benar, bageur bareng ceuk teh jasmine di official line nya hehe☺☺☺
jauh jauhkan dari sifat bully2 dan nyinyir yaa, lebih baik kasih nasehat kalau nggak diam.

Bismillah, mari menjadi manusia yang berkualitas dihadapan Allah, manusia, dan alam sekitar ☺☺☺

#Catatanpengajian
#selfreminder
#menulismenyehatkan



No comments:

Post a Comment

Hello 2018

Bismillah,... Lama nian tidak menulis di blog ini. Tapi malam ini sudah bertekad untuk menulis. Apapun itu alasannya. Ehehe. Karena hidup ...