Search This Blog

Sunday, January 6, 2019

Indonesia katanya

September.... 



Hmmm, benar sajaa. Mendung dan hujan di bulan september seperti turut membersamai perasaan saya yang sedang gundah gulana. Yaaa, tempat baru yang masih misteri membuat hati kadang was was, apa dan bagaimana. Tanah asing dan orang asing tentunyaa. 

Negeri sakura dengan segala kenyamanannya. Tapi sunyi disini seringkali membuatku rindu akan indonesia. Aaah paginya yg hangat tentu dengan segala macam kekurangannya yg bagiku itu wajar sajaa. Aku menikmati dan mencintai indonesia apa adanyaa. Toh menurutku ada pasti yang memperjuangkan kemajuannya, ada pasti yang mempertahankan kemananannya, ada pasti yang terus berdoa untuk kedamaiannya. Aku menjadi bagian terakhir. Semogaa tanah tumpah darahku menjadi negara yang penuh kebaikan suatu hari nanti amiin. 


Kembali ke mendung september. Bocah cilikku, megumi tak hentinya memandangi para bapak2 yang sedang sibuk menurunkan barang dari lantai 2 apato kami. Yaaa hari ini adalah hari Terakhir kami disini. Rumah pertama ku dan megumi selama di jepang. Banyak kenangan pasti. (Tapi percayalah dengan menulis maka kenangan akan tersimpan tak terhapus waktu). Pagi itu sibuk. Mungkin si kecilku heran kok yaa barang barang ini mau dibawa kemana. 

Sayup kudengar seseorang memanggilku. Yaa, namanya yukari san. Tetanggaku orang jepang yang dulu pernah beberapa tahun tinggal di indonesia.aku merasa sangat bersyukur bertemu dengannya. Beliau bisa bahasa indonesia fasih. Dan paling penting bagiku hatinya hangat sekaliii. Tipikal orang indonesia. Aku bahagiaa. Seperti menemukan mutiara yang tertimbun di tengah hutan yang sepii. Yaa yaa jepang sepiiii sekali menurutku. Seorang ibu rumah tangga, belum fasih bahasa jepang maka aku membutuhkan teman. Terima kasih yukari san, semoga pertemanan ini sampai akhir waktu. Walaupun tak lagi menjadi tetangga. 

Kembali ke sabtu pagi yang sendu. Yukari menghampiriku. Matanya basah, dan menyodorkan sesuatu. Ini sandal batik yang ia bikin sendiri. Ah hatiku makin terguncang. Sandal batik ini ia rajut sendiri (tipikal jepang memang rajin bebikinan sesuatu). Sedih sekalii yaa akan berpisah ujarnya. Akupun ingin katakan bahwa sediih jugaa meninggalkan tempat ini. Tapi tapii, beginilah jalan cerita hidup. Kita harus pindah. 

Yukari san lalu memanggil anak perempuannya untuk bertemu denganku dan megumi. Mihane senang sekali bermain dengan megumi. Mihane, anak sd ini senang sekali menggendong megumi. Pengen punya adik lagi katanya. 

Masih kuingat pertemuan pertama dengannya. Undangan2 jamuannya. Bermain dirumahnya. Sapaan ramahnya setiap kali bertemu. Seringkali ia melambai dari dalam mobilnya ketika berpapasan dijalan. 

Apa yang membuatku takjub selanjutnya adalah ceritanya tentang indonesia. Sunggguh, baginya indonesia adalah negeri yang hangat, negeri yang ramai. Dia suka sekali indonesia, masakannya. Maka dirumahnya pun masih tersimpan indomie dan kecap manis kesukaannya. Kadang kali ia mampir ke restoran indonesia untuk menuntaskan kerinduannya akan masakan indonesia. Pun dia pernah bercerita akan pembantunya yang meninggal, dan membuatnya sedih. Karena baginyaa pembantu tersebut sangat dekat dengannya. Dia tahu bahwa macet indonesia mgkn takkan pernah ada di jepang, tpi baginya tetap hangatnya indonesia mampu membuat kesan yang dalam. Ah indonesiaa aku makin rindu.  

Mihane pun begitu, katanya ingin sekali bisa berenang di indonesia. Mentari bisa ada sepanjang tahun, karena tidak ada musim gugur dan musim dingin yang menggigit tentunya. Ia bisa berenang kapan aja. 

Di indonesia, bisa saling bantu dan terasa dekat sekali dengan yang lain. Suasana yang akrab dan penuh kekeluargaan. Walaupun rasanya suasana di kota makin jauh dari kondisi ini, tpi tetap nilai nilai seperti ini ada dalam diri orang indonesia. 

Pada akhirnya aku sadar bahwa, sejauh apapun kau merantau maka kampung halaman tempatmu kembali. Duluuu, aku sangat membanggakan jepang. Ah keren sekali ini. Hampir semuanya sempurna. Maka seiring waktu akupun sadar kalau tidak ada yang sempurna. Pasti akan bertemu kekurangannya. Dan lagi indonesia jepang dua duanya memiliki kekurangan kelebihan. Maka banggalah menjadi bagian dari negeri dimana kamu dibesarkan. Bangga boleh, tpi tidak merendahkan apalagi menggerutu. Ah sudahlaaah. Pesona negerimu, kebanggaan di mata yang lain. Hargailaah dengan menerima kekurangan yang ada. 
Terima kasih yukari san. Sudah mengingatkanku agar tidak menjadi "lupa kacang pada kulitnya". 


Tak lupa kusisipkan janji untuk bertemu lagi dengan keluarganya. 

Bangga boleh, tapi jangan keluhkan indonesia saat ini. Jepang indonesia tidaklah sama, dua duannya memiliki kekurangan dan kelebihan.

Ambil yang baik, buang yang buruk. Sekali lagi, cintailah negeri sendiri, hingga hati lapang menerima apa adanya, dan berdoa semoga perlahan lahan bisa membaik, bisa merangkak maju๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช



Salam hangat dari negeri sakura. Titip rindu pada hutan sawah gunung lautan (simpanan kekayaan) seperti lagu hehe


sandal batik ini dibuat sendiri oleh Yukari san, sebagai kado pada hari kami pindah rumah

Monday, January 8, 2018

Hello 2018

Bismillah,...

Lama nian tidak menulis di blog ini. Tapi malam ini sudah bertekad untuk menulis. Apapun itu alasannya. Ehehe. Karena hidup selalu butuh alasan. Ada banyak alasan untuk mengerjakannya, dan lebih banyak lagi alasan untuk tidak mengerjakannya. Maka semua alasan adalah "benar"๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ™.

hidup ini singkat. Seperti yang sekarang ku bayangkan. Baru kemaren rasanya jadi siswa putih abu abu, lalu mahasiswa dengan praktikum yang seolah tiada habisnya, kemudian bekerja menemukan jati diri sekaligus pengalaman. Dan akhirnya kini hidup di negeri sakura. Satu novel sudah kalo dituliskan ehehe. Singkat. Maka satu kata untukku : jangan pernah menyesali keputusan. Jangan pernah menyesali apa yang sudah diputuskan. Bukankah hidupmu sekarang adalah buah jerih payah dan doa doa yang kau ucapkan selama ini??.

Untukku.,..
Bersyukur lah sebanyak banyaknya, agar kau sehat lahir dan bathin. Jiwa dan raga.
Hiduplah dengan bahagiaa dan penuh cinta. Maka energi untuk melakukan setiap kebaikan itu ada disana.

๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน

Untukmu,.....
Semenjak menikah, Alhamdulillah sedikit demi sedikit belajar menjaga lisan dan tulisan. Terima kasih sudah mengingatkan disetiap langkah dan lakuku. Walau awalnya ku benci aturan, tidak suka terkekang, lama lama kupaham, kalau hidup ini akan jauh lebih baik jika taat aturan (terpenting adalah aturan illahi).

Semoga Allah mudahkan urusan kita di dunia dan akhirat. Amiiiin๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป.


"Ya rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku" (QS : Thoha 25-28)

Wednesday, September 27, 2017

Resep Masakan Jepang, Tempura dan Somen



Waah sudah sekian lama gak capciscuss lagi di blog ini, hmmmm. berharap target menulis (dari hati) makin membaik dari hari ke hari yaaay ☺(Amiiiiin).

Kali ini mau berbagi tulisan tentang resep makanan dari negeri sakura. salah satu jenis makanan khas jepang namanya Tempura. makanan jenis ini terbuat dari sayur dan seafood yang di goreng dengan tepung khusus. YUUUK, simak step by stepnya :). kali aja suatu hari mau bikin di indonesia, atau ada yang ingin menjamu teman dari jepang, bisa bikin masakan ini, cukup gampang sih (asal sesuai instruksi hehe)

Teman teman jepang saya yang baik hati dengan senang hari berbagi resep ini dengan teknik pembuatan ala jepang tentunya, arigatou ne ☺❤❤


 Bahan Bahan :
Seafood  : jenis seafood yang biasa digunakan adalah Udang (udangnya yang ukuran besar yaa), cumi dll
Sayuran : jenis sayurannya antara lain : terong ungu, ubi, labu, piman (sejenis paprika hijau), buncis, lobak (daikon) 
Somen : sejenis mie jepang yang lebih kecil dan halus dibandingkan udon

Bumbu : 
tepung khusus tempura (jika tidak ada dan menggunakan tepung biasa, maka harus sesuai petunjuk pembuatan tempura)
dashi flakes 
dashi konbu (sejenis dashi rumput laut)
shoyou 
gula 

Cara membuat :

1. Somen 
Mie somen di rebus dulu, masak hanya 2 menit saja agar tidak lembet dan hancur. 
kuah somen : cara membuat kuah somen yaitu : dashi konbu di panasin (direndam air panas selama 30 menit). sampe kira2 timbul gelembung sedikit. jangan sampe mendidih yaa. kemudian konbunya di angkat dan sisihkan. konbu itu rumput laut yang berbentuk lembaran. kemudian air rebusan konbu dicampur dengan dashi flakes (dashi yang terbuat dari ikan, bentuknya lembaran2 halus, kayak yang ditabur di atas takoyaki atau okonomoyaki), dashinya cukup direndam sebentar, trus angkat dan sisihkan. jadi air rendamannya sudah mengandung dashi konbu dan dashi flakes ya. wangi sekalii ini hehe. kemudian tambahkan shoyu dan gula secukupnya. 


kuah somen


2. TEMPURA
Pertama tama : siangi udang dulu. kupas udang, buang kulitnya, ekornya tidak dibuang, satu sisi dari kulit bagian akhir (dekat ekor) itu tidak dibuang. kemudian iris badan udang, pada ruas ruasnya tapi tidak sampai terpotong, agar udang bisa lurus (tidak bengkok). iris di dua sisi. 

bentuk udang yang sudah dikupas dan di iris dikedua sisi

Selanjutnya, potong potong sayur (sesuai selera sih), yang penting ukurannya jangan terlalu kecil. untuk terong ungu bisa dipotong bentuk kipas atau memanjang. 

Adonan tempura : sesuai petunjuk takaran pada kemasan, tepung tambahkan air. aduk pelan saja (jangan di aduk terlalu kencang katanya). tidak perlu ditambahkan gula garam dll ya. cukup ini saja. untuk tepung jika tidak menggunakan khusus tempura, misal tepung terigu, bisa digunakan sesuai petunjuk untuk pembuatan adonan tempura :)

tepung yang digunakan (khusus untuk membuat tempura)

adonan tepung yang sudah ditambahkan air

udang 

ubi 


3. Kakiage
Kakiage sejenis bakwan/bala versi jepang (kalo kata saya hehe). pembuatannya pun mirip. tapi ini menggunakan tepung tempura.

Bahan bahan untuk kakiage :
Gobo (sejenis sayur )
wortel
bawang bombai
shiso (ini adalah sejenis daun yang sering pakai untuk berbagai masakan, dan bagus untuk kesehatan katanya. dan selalu saya cuekin ketika belanja sayur karena gatau itu daun apa haha, akhirnya tau juga pas masak masak ini). iris tipis memanjang semua sayur ini.

adona kakiage.

Untuk teknik menggorengnya. celupkan bahan sayuran ini, kira2 satu sendok kedalam tepung, angkat membentuk bola bola, tapi usahakan tepungnya tidak ikut terangkat (tepung yang ikut digoreng sesedikit mungkin). kebalikan sama bikin bala bala yaah, banyakan tepung dibanding sayur hehe. kalau kakiage ini modelnya kayak sarang sayuran loh hehe. 

kakiage

hasilnya seperti berikut :

Udang, ubi, terong ungu, piman, kakiage (kalo kakiage yang biasa dijual ukurannya lebih besar dan mirip sarang sayuran)

Tipsnya :
Gunakan minyak yang cukup banyak agar adonan terendam dengan baik
Usahakan kondisi minyak selalu bersih yaa dari sisa adonan.
Khusus untuk udang, maka bagian ekor tidak ikut tercelup ke adonan tepung ya ☺☺☺

Selamat mencoba ☺☺❤❤

Saturday, August 26, 2017

Catatan ilmu, mengaji bersama Ust Taqy Malik

Summer holiday, yay

Hidup di Jepang penuh tantangan kawan. Tantangan yang paling paling berasa adalah menuntut ilmu agama. Yapss. Begitulah hidup di negeri minoritas, harus ada semangat dan tekad untuk tidak lelah menuntut ilmu agama. Dulu, di Indonesia sana, sangat mudah mendapatkan kajian, ceramah dari ust, ataupun sekedar rehat di mesjid sambil tafakur, ah kangeeeeennya. 

Tapi, Alhamdulillah bangeeet di Jepang masih diberi kesempatan dan kemudahan dalam menuntut ilmu, membasahi dahaga yang kering, dan melunakkan hati yg kadang mengeras. Iman itu naik turun bukan? Begitulah. Ketika ia turun maka bersegeralah mencari obatnya agar naik kembali. Alhamdulillah wa syukurillah. Allah mudahkan hambanya dalam mencari setetes ilmu. 

Ditengah panas terik matahari, suhu rata rata diatas 30 derajat setiap harinya, kedatangan Ust Taqy Malik beserta rombongan menjadi semacam oase ditengah gurun (hyperbola sekali yaa, hehe). Tpi sejujurnya memang ini adalah bahasan yang sangat kubutuhkan saat ini (pas bgt lagi menggalakkan jasmani dan rohani ini untuk terus belajar dan memahami Alquran. 

Oiyaaa, Bagi yang belum kenal siapa itu Ust Taqy Malik (akupun baru tau pas beliau datang kemari hehe). Beliau adalah seorang santri hafiz quran yang menguasai lantunan 40 imam masjidil haram dan masjid nabawi. Masya Allah. 

Lalu bagaimana prosesnya sehingga sang ust muda ini bisa menguasai hal tersebut??
Jadi sedari kecil sang ust sudah diajarkan alquran oleh orangtuanya, dibelikan kaset/video murratal berbagai imam di masjidil haram dan nabawi. Langgam pertama yang beliau pelajari dan kuasa adalah imam sa'ad al ghamdi. Beliau hafalkan alquran dari mendengar murratal sang imam. Hingga di tingkat sma beliau sudah hapal 30 juz beserta langgam dari beberapa imam. 

Disini aku baru sadar bahwa, proses menghapal alquran memang baiknya sedini mungkin, ketika masih anak2 sudah ajarkan (memang betul kok tiada kata terlambat untuk belajar, tapi rasanya kalau baru mulai menghapalkan alquran ketika sudah dewasa, ada aja tantangannya , terutama daya ingat yang cenderung mulai menururn hiks, semangaaat. 

Kenapa sih kita harus belajar Alquran? Menghapalkan Alquran? Pertanyaan ini sudah sangat umum dan sering kita dengar ya. Tpi sejauh mana kita memaknainya dan meluruskan niat untuk serius mempelajarinya dan tentu mengamalkannya. 

Keutamaan membaca alquran itu adalah diantaranya : 
  1. Mensyafaatkan orang yg di neraka. Jadi bacaan alquran kita ini nantinya bisa menjadi penolong
  2. Membaca Alquran membuat hati tentram. Benarkah? Sudah pernah merasakan? Alquran sebagai penyejuk dan penerang hati kita. Semoga kita termasuk orang yang bisa merasakannya. Amiin
  3. Allah mudahkan kita untuk mempelajari dan menghapalkan alquran. Alqomar ayat 17 22 32 40 : "Dan sesungguhnya kami mudahkan alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? "
  4. kelak di akhirat nanti orangtua kita akan dianugerahkan makhkota dari allah, untuk anak yang menghapalkan Alquran. 

Berikut ini point2 penting dalam belajar alquran menurut Ust Taqy Malik :
  1. Tajwid. Ini penting bgt. Belajar tajwid agar bacaan kita benar dan artinya pun sesuai. Makhroj huruf harus jelas. 
  2. Cari cara baca quran yang benar (kalau bisa yang bersanad kepada rasulullah)
  3. Langgam/irama : seni bacaan quran (maqomat/irama irama quran) . Maqom bayati (dibawakan oleh imam mulk). Maqom nahawa (misyari rasyid). Masing2 irama memiliki khas tersendiri.
  4. Waktu menghapal alquran yg efektif : Waktu subuh dan Waktu antara magrib dan isya
  5. Dengan alquran kita bisa menguasai semuanya.
  6. Hadist : sesungguhnya allah mengangkat derajat suatu kamu dengan kitab ini (alquran) di dunia maupun akhirat
  7. Rumah yang dibacakan alquran akan bercahaya (menjadi sumber cahaya)
  8. Quran bersifat kareem (dermawan) : memberi sebelum diminta
  9. Membaca alquran 1 huruf : 10 kebaikan 

Ust Taqy menceritakan bagaimana seorang Sayyidina Ali menjadikan Alquran sebagai petunjuk hidupnya, beliau berkata bahwa "bahkan ketika tongkatku hilangpun, maka aku akan mencarinya dalam Alquran. Masya Allah. Begitu dekat dan lekat jiwanya terhadap alquran. Begitu percayanya beliau pada kitab Allah.

Ust Taqy juga menceritakan pengalamannya yang menakjubkan saat berkunjung ke Sidney, Austaralia, dimana saat beliau bacaan Alquran, ada seorang bule yang mendengarkan sambil meneteskan air mata. Ya Allah bahkan seorang non muslimpun bisa merasakan getaran indah ayat suci Alquran ketika dibacakan. Semoga beliau mendapat hidayah. Amiiin. 

Sejujurnya, cerita tersebut sangat membuatku tertohok. Kapan terakhir membersamai Alquran dengan air mata???๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ

 “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

*catatan ilmu dunia akhirat. 
(Ya Rabb, jadikanlah kami lebih baik dari sebelumnya, Amiin)


Wednesday, August 9, 2017

Open campus : tokyo institute of technology

Hari ini adalah acara open campus di kampus tokyo institute of tecnology atau dalam bahasa jepang disebut tokodai. Acara open campus ini adalah agenda rutin setiap tahunnya. Melihat pemandangan kampus dan hiruk pikuk mahasiswa dan calon mahasiswa mengingatkan saya akan kampus dan segala aktivitasnya hehe. Jadi pengen kuliah lagi hehehe. Semoga ada rejekinya yaa. Amiiiiin.

Barusan dapat brosur (dalam bahasa jepang) tentang program dan jurusan apa aja yang ada dikampus ini. Ada jadwal presentasi dari setiap lab. Jadi bagi calon mahasiswa yg tertarik maka bisa mengikuti presentasi dilab tersebut. Kuliah di jepang katanya concern di riset/eksperiment. Kalau kuliah teoritis itu biasanya gak banyak. Riset lebih diutamakan. Mgkn kalo teori mata kuliahnya bisa dibaca dirumah kali yaa๐Ÿ˜๐Ÿ˜.

Acara ini menjadi menarik sih menurutku, karena dulu kalo di indonesia, kalau mai masuk kuliah harus tes smpb/snmptn dan gak ada open campus alias pengenalan jurusan terlebih dahulu. Kalau mau lebih banyak ttg jurusan yang kita pengen maka baca dari internet aja atau bertanya ke senior. Itupun kalo niat banget ama jurusannya haha.  Eh tapi semoga generasi sekarang lebih bagus dan lebih matang yaa dalam mempersiapkan diri masuk universitas.

Lanjut lagi hari ini. Akhirnya kita memilih untuk mengikuti presentasi lab biologi karena ada hubungannya dengan kuliah ku dulu. Siapa tahu suatu hari bisa berjodoh dengan kampus ini hehe. Aku dan suami, dan si kecil megumi memasuki gedung lab. Penjelasan dalam bahasa jepang sangat sulit dimengerti ternyata. Walhasil gak lama akhirnya kota menyerah dan keluar ruangan.

Well, jadi open campus ini sebenarnya buat anak anak sma yang akan melanjutkan pendidikan s1, jadi memang sasaran utamanya adalah orang jepang  semua, bukan program master ataupun doktor sehingga buku panduan bahasa inggrispun tidak ditemukan kemaren.

Yaa, itulah sekilas tentang open campus tokyo institute of tecnology yang kuhadiri kemaren. Itung2 jalan jalan ke kampus sama bayik hehe, dan kebetulan suami lagi libur  nge lab☺️☺️☺️.

Berminat kuliah di jepang?? (Pertanyataan buat diri sendiri juga hehehe)
Lanjutkaaaan๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช.
Yang penting berani mencobaa yaaahh, dan jangan lupa usaha dan doaa
Semangaaaaat๐Ÿ™

tokyo institute of technology


Nasehat pernikahan

Dalam sebuah perjalanan menuju tempat buka bersama di pusat kota, tetiba aku mengingat banyak hal terutama tentang ramadhan ramadhan yang sudah kulalui. Duluu, ramadhan adalah saat dimana aku dan keluargaku beriringan menuju masjid untuk shalat tarawih, lalu kemudian hiruk pikuk kampungku lepas tarawih yg masih saja ramai, seperti siang saja. Sahur menjadi moment yang saangaat kurindukan ketika akhirnya aku jauh dari rumah, bagaimana ibuku menyiapkan segala sesuatunya untuk kami sekeluarga, tanpa membangunkan kami untuk membantunya. Ah aku selalu ingin menangis kalau ingat rumah. Kasiih ibu dan bapaak, tanpa pamrih yaa๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ.
Melewati ramadhan di kota kembang, hampir 7 tahun tentu menyisakan kenangan. Teman kosan menjadi keluarga kedua hehe.

Hidup berjalan seperti mimpi, karena akhirnya aku menikah wkwk (yaaah, jalan hidup memang rahasia Allah, kita hamba hanya mampu berusaha sekuat tenaga menjadi yang terbaik didunia).

Balik lagi keperenunganku dalam perjalanan tadi, semakin kuingat semua, semakin kurindu untuk pulang dan bertemu, ah siapa sih yang nggak kangen orangtuanya?? Semoga ada rejekinya tahun depan bisa pulang, Amiiiiin.

Apa yang kemudian menari nari dibenakku sepanjang perjalanan ini?? Ya ya, sosok ibu lagi lagi mengingatkanku akan segala sesuatu tentangnya termasuk urusan menikah ini. Sampai hari ini, detik ini ibuku selalu bilang tak pernah lupaa disetiap akhir teleponnya agar aku selalu berbakti kepada suamiku. Suami adalah pemimpin dalam rumah tangga katanya suatu hari, maka patuh dan taat adalah kewajiban istri . Kalimat ini hampir selalu di ulang (mungkin ibuku tau betapa pembangkangnya anaknya ini, keras kepala dan susah diatur).

Ah ibuku, waktu itu aku ingin sekali bilang kalau, ya kan suami juga harus begini begitu dll, yg dalam pikiranku suami dan istri adalah teman yang saling beriringan bukan satu raja satu pelayan. Bigg nooo. Inilah yang aku benci dari sebuah pernikahan yang sehari harinya banyak kusaksikan dikampungku dulu. Sejujurnya aku remaja memang tak ada daya upaya untuk melawan ketidaksesuaian yang selalu kulihat itu, hanya saja aku selalu mencatatnya bahwa kelak aku menikah tidak akan seperti ini, tidak bisa seperti ini๐Ÿ˜ 

Suatu hari aku menemukan potret kehidupan rumah tangga teladan yang menurutku bagus dan ideal. Yaa harusnya seperti ini. Dimana ada saling menghormati dan menghargai antara suami dan istri.

"Mas tolong ini....
Mas makasi yaa...
Ah indah sekali, ketika yg satu minta tolong, pihak lain bilang makasi.๐Ÿ˜๐Ÿ˜
(Semoga yg begini bisa kita budayakan ya paa, lebih indah bahasa komunikasinya)

2 tahun menikah seperti mimpi  hehe. Karena kehidupan pasca menikah itu buaaaanyak sekali belajarnya. kupikir dulu, mengenal hanya saat taaruf, ternyata sampai hari inipun kami masih belajar untuk mengenal satu sama lain. Yaa ada saja hal baru yang kemudian kita sadari bahwa itulah pasangan kita, kurang dan lebih harus kita syukuri.

Ujian rumah tangga itu akan ada. tugas kita berdua yang akan menghadapinya. ibaratnya yaa, kita sedang berlayar di samudera lepas, nggak ombak tinggi, angin kencang bahkan tantangan lain seperti bajak laut atau hewan laut buas kemungkinan datang menyerang. Bersiaplah dengan segala ujian yang ada. bekalmu cukup iman dan taqwa. mintalah selalu pertolongan kepada Allah SWT.

Masih dalam perjalanan kala itu, wajah ayah ibu makin jelas dan nasehatnya kembali terngiang. tak terasa memang air mata jatuh mengenangnya. ah aku bukan gadis kecil mereka lagi. setiap duri yang kini kulewati akan sepenuhnya adalah tanggungjawab suamiku, bukan lagi mengadu kepada mereka. rumah tangga ini, semoga sakinah, mawaddah, warahmah, seperti doa doa yang dilantunkan, Amiiiin.







Monday, August 7, 2017

Japan life

Japan life style ๐Ÿ‡ฏ๐Ÿ‡ต


Pake masker klo sakit๐Ÿ˜ท
Ngerokok ada tempatnya
Jalannya naik turun, pake sneaker lebih aman
Parkiran ada batasnya. Pake tanda batas
Pake seragam semua, supiir taksi juga pake seragam
Pintu taksi g usah d tutup ya, nutup sendiri, kecuali pintu depan
Naek transportasi umum, bayar dulu baru naek
Gak ada kenek๐Ÿ˜†
Gak ada ojeg, gak ada angkot๐Ÿ˜†
Alpukat itu sayur yaa bukan buah๐Ÿ
Panda usagi koala, lagu anak jepang
Kore Wa arismasuka? Yg ini ada gak?
Ano, sumimasen shashin o tottemo ii desuka? Maw foto bareng, boleh?
Kore wa ikura desuka? Yg ini harganya berapa?
Matta nee : sampai jumpa/see you
Masker doraemon gak ada di jepang, masker doraemon yg saya bawa di bilang kawaiiiiii, doraemong mask๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„
Air kran bisa langsung di minum๐Ÿ˜ฑ
Musim dingin paling enak makan pake kotatsu
Bayi di panggil "akachan"
Popok namanya "omutsu"
Public transportation oke bgt
Tas sekolah anak sd gede semua
Dimana ada perbaikan (jalan, gedung dll) di situ ada sekuritii
Piknik di musim semi namanya "hanami"๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
Piknik di musim gugur namanya "momiji"๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ‚
Susah menemukan tempat sampah, kalo ada sampah sendiri,kantongin bawa pulang yaa, buang dirumah haha
Dimana mana orang akan antri, jadi jangan coba2 nyerobot yaa malu sendiri nanti๐Ÿ˜ƒ
Sore sore paling sering ketemu orang jepang jalan jalan bawa anjingnya, anjingnya lucu2 dan ada yg pake baju
Kalo anjing puup/pipis maka dibersihin sama pemiliknya lgsg, jdi jalanan tetap bersih
Naik kereta bayar pakai pasmo/suica : uang elektronik, jadi bisa diisi ulang kalo saldo abis




#randomnulis








Indonesia katanya

September....  Hmmm, benar sajaa. Mendung dan hujan di bulan september seperti turut membersamai perasaan saya yang sedang gundah g...