Chirashi Sushi

Awal Maret kemaren saya di undang oleh teman jepang saya untuk datang ke rumahnya dalam rangka membuat cirashi sushi. Ini adalah pengalam pertama saya dalam membuat sushi, sebelumnya hanya tau makan aja hehe. 

Apa itu chirashi sushi? Saya pun baru pertama kali mendengarnya. Jadi menurut penjelasan mereka, yang saya tangkap adalah cirashi sushi ini merupakan jenis sushi yang dibuat dalam rangka perayaan hinamatsuri. Apa itu hinamatsuri?? Hinamatsuri adalah hari anak perempuan yang jatuh pada tanggal 3 maret setiap tahunnya. nah bagi orangtua yang memiliki anak perempuan, maka tradisi ini akan mereka laksanakan. unik yaa??. lengkapnya tentang Hinamatsuri baiknya dibahas next time, bagaimana perayaannya dan uniknya kostum yang digunakan. 

Balik lagi ke cirashi sushi. Kebetulan dalam grup pertemanan ini (saya memiliki sebuah grup yang berisikan beberapa orang jepang dan orang indonesia) hanya saya satu satunya yang memiliki anak perempuan hehe. Maka dengan senang hati mereka mengajarkan cara membuat sushi ini, Harapannya kelak katanya biar bisa masak sendiri ditahun depan hehe. 

Oiyaa, all ingredients tentunya sudah aman dari bahan bahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh muslim. Mereka sangat memaklumi saya sebagai muslim yang hanya akan mengonsumsi yang halal saja. Alhamdulillah mereka mengkonfirmasikan setiap bahan yang kami gunakan. 

So, lets get cooking... :)

Bahan bahan yang digunakan 
1. Nasi (nasi masak biasa), nasi sebagai bahan utama

2. Topping terdiri dari : 
- Seaweed atau nori/ rumput laut kering 
- Wortel
- Mentimun
- Shiitake (jamur kering yang sudah di rendam semalam dengan sedikit air gula)
- Udang kupas
- Snow peas (kacang polong salju)
- Telur ayam 
- Dried tofu ( takano tofu).semacam tahu kering
- Mini tomat 

Bumbu yang digunakan :
- Maple syirup (ini sebetulnya bisa diganti dengan larutan gula)
- Sushi vinegar (cuka dari beras yang biasa ditambahkan di nasi sushinya)
- Minyak sayur 
- Soy souce /soyu (jenis soyu dengan label halal alhamdulillah sudah tersedia di jepang)
- Garam 

*Catatan : untuk jumlah/takarannya, gak sempat dicatat persisnya berapa karena semua bahan nggak ada yang ditimbang hehe. jadi pakai takaran kira2 aja mungkin tidak masalah. terutama untuk jumlah topping dan nasinya, bisa dikira2 ya mau sebanyak apa porsinya. kalau untuk jumlah bumbu pun bisa dirasa rasa ya bu ibu hehehe. 
Satu lagi, untuk topping ini sebenarnya jenisnya bisa suka suka (sesuai dengan ketersediaan bahan, mau menambahkan salmon misalnya, boleh boleh saja). 

Cara memasak:

1. Masak nasi seperti biasa (jenis beras yg digunakan seingat saya mereka tidak sebutkan, jadi saya simpukan nggak ada jenis beras khusus, alias semua jenis beras bisa digunakan).
2. Memsak topping:
-Potong semua sayur sesuai ukuran yg dinginkan. gak besar dan gak terlalu kecil juga. bersihkan/cuci semua bahan yang akan digunakan. masak di dalam wajan yang sudah berisi air yang ditambahkan dengan maple syirup (kalau tak punya maple syirup bisa pakai gula yaa, dan sampai larutannya agak manis saja, jangan ditambahkan terlalu banyak). masak dengan api sedang hingga semua bahan empuk. angkat dan tiriskan. 
3. Kocok lepas telur, tambahkan sedikit soyu. kemudian gorng dengan sedikit minyak hingga terbentuk telur dengan lapisan tipis, yang kemudian dipotong-potong menjadi bagian yag lebih kecil.
4. Balik lagi ke nasi. nasi yang sudah matang, dipindahkan ke wadah besar, semacam bakul nasi model jepang begitu. kemudian tambahkan sushi vinegar, aduk aduk sampai rata, hingga rasanya sudah pas. tidak hambar, dan tidak pula berasa banget, sebagaimana tipe makanan jepang lainnya. 
5. Tata topping diatas nasi, secantik dan sebagus mungkin. 
6. Siap dihidangkan.
7. Chirashi sushi adalah jenis sushi yang tidak di roll, atau digulung. sushi ini makannya pakai piring mirip nasi goreng mungkin yaaa (dan tentunya pakai sumpit hehe)

Gampangkan?? hehee

*Semoga bermanfaat. 





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman hamil dan melahirkan di Jepang (part 1)

Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Resep Masakan Jepang, Tempura dan Somen