Search This Blog

Monday, March 6, 2017

Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Perlengkapan bayi baru lahir di Jepang 

Belanja perlengkapan bayi menjelang melahirkan merupakan salah satu agenda wajib yang menyenangkan (emak emak tentunya haha), karena sebagai calon ibu, aku antusias banget nih memilih dan memilah apa yang terbaik dan benar benar dibutuhkan anak kami. minimalis dan sesuai kebutuhan. ah tetap aja yaah, pengen ini pengen itu, yg ini lucu yang itu lucuu. hehe. ujung-ujungnya azas manfaat tetap nomor satu :)

Berikut newborn shopping list ala mak megumi (oiyaaa ini khususnya untuk bayi yang lahir di musim panas yaa)

1. Baju newborn : megumi beli 2 pack. 1 pack isinya 3 pcs baju kutung. megumi beli baju cuman ini yaa, sebebihnya dikasih orang. kebetulan di Jepang ini sumbangan baju anak lumayan banyak. sebelum lahir megumi udah punya baju 1 lemari kecil, sumbangan dari teman semua. jadi beli baju ini sebenarnya liat sikon juga. dan jangan lupa biasanya kado buat bayi melahirkan kebanyakan baju juga kan?. jadi di awal ga usah banyak nyetok baju newborn, kepakenya gak lama juga, mungkin sekitar 3bulanan. (FYI: ukuran baju newborn di Jepang itu 60-70 yaa.) 

2. Topi, sarung tangan, kaos kaki, masing masing 1 pcs (gak beli banyak juga karena yang dikasih juga udah banyak ternyata)

3. Handuk bayi : beli 2 pcs buat khusus kepala, satu lagi buat seluruh badan. 

4. Bantal bayi. aku beli bantal bayi yng buat kepala aja, guling sengaja gak beli karena dirasa gak perlu. anak bayi ditaro dikasur aja sih sama kayak kasur kitaa, jadi ga usah dikasih pembatas guling juga gappa. bantal kepala bayi masih kepake sampe sekarang. 

5. Bantal menyusui : aku dikasi juga sih, dan ini kepake banget sampe umur 5 bulanan. aku pake terus nih lumayan mengurangi pegel selama menyusui. 

6. Perlak : ini dipake buat naro bayi abis mandi, di handukin disini. perlaknya bahannya plastik, lumayan tebal, jadi kalo ada air ato pipis pun ga kan tembus ke lantai. aku kmren dikasi temen. kalo belum punya bisa titip teman pas pulang ke indo. atau kalau ga ada pun ga papa sih kayaknya, cuman kalo bayi ditaro di atas kasur trus di andukin disana rasanya krg pas aja, mending di alasin, kalo tiba tiba pipis bayi ngocor gak kena ke kasur hehe. 

7. Bedong : gak perlu, megumi ga pake sama sekali, hehe. tergantung yaa kalo dirasa perluu dan maw pake bedong ya silakan. 

8. Selimut bayi : aku punya  beberapa. dikasi temen, trus dari rumah sakit dikasi 1 sebagai kado. ini perlu beberapa aja (megumi selimut bayinya yang agak tipis, menyesuaikan dengan musim yg sedang berlangsung, pas summer ga pake selimut juga gapapa kayknya. 

9. Alat mandi : pake merk pigeon semua. mulai dari lotion (ini dipake terus setiap abis mandi), sabun (sabun cair baby pegion), shampoo. 

10. Baby cream : merk pigeon. buat diaper rash, diolesin di sekitar pantat bayi yang kemerahan . 

11. Baby oil. aku pake pigeon. aku pake buat pijit pijit badan dan punggung bayi. 

12. Bak mandi bayi :ini macem2 bentuk, ukuran dan bahannya. megumi pake bahan yg plastik, kebetulan dikasih juga.

13. Diaper bag atau tas perlengkapan bayi : tas yang banyak kantongnya/partnyaa biar enak dan rapii nyusun bawang bayi yg cukup banyak yaaa. dan new mom biasanya super komplit bawaannya kalo pergi2 hehe. thanks yaa geng liqo udah dikadoin tas bayi

14. Diaper : pake merk merries yg newborn, sama kayak yg dipake dirumah sakit. paling tebel sih menurutku, nyerap dan ga bikin ruam bgt. merk goon atau moony juga bagus, ga tembus tapi ga setebel merk merries yaa

15. Bedak . belinya yang compact merk pigeon. bedak tabur udah gak boleh yaaa  takut masuk paru paru bayi. bedak juga dipakenya kalo ada ruam ato semacam biang keringat (millaria) gitu. aku beli 1 pcs buat jaga jaga aja. sehai sehari abis mandi gak pake bedak, cukup pake lotion baby aja. 

16. Minyak telon. aku pake buat diolesin di perut ato punggung biar anget. bisa pake merk apa aja. 

17. Gunting kuku. merk pigeon rekomended banget. gunting kukunyaa ngena bgt di kuku bayi dan gak bikin berdarah, ini wajib punya. 

18. Sisir bayi . aku beli merk pigeon juga. 

19. Baby box : gak perlu, space gak ada buat taro dirumah, bayi ditidurin di kasur aja

20. Cotton bud : pake yg 2 ukuran yaa. yg kecil buat bersihin hidung. yg ukuran besar buat bersihin bagian luar telinga abis mandi. 

21. Lemari bayi. khusus buat naro baju bayi dan semua perlengkapan bayi. kepisah sama baju orang dewasa yaa

22. Thermometer : ini wajib punya buat ukur suhu air mandi mandi dan suhu tubuh bayi 

23. Botol susu, breast pump : gak beli, karena ga pake pompa elektrik. pompa pake tangan aja.

24. Mainan theteer : buat bayi usia mulai 3 bulanan sih, udah mulai gigit2. 

25. Gendongan bayi. bisa pake yang sling atau yang kayk ergobaby. merk ergobaby enak rekomended. megumi pake yang merk Aprica enak juga (kebetulan kado hehe). 

26. Bouncer : enak bisa buat nidurin bayi, bisa di goyang2 dan dikasi mainan. 

27. Nipple cream : buat puting lecet dan sakit pas awal awal menyusui. ini rekomended banget punya yang merk medela. aku pake semingguan Alhamdulillah sembuh. 

28. Plastik simpan ASI. aku perah ASI manual (pake tangan) trus simpen di plastik ASI . kemaren pake merk medela. 

29. Wipes : buat lap abis pipis ato pup bisa merk apa aja 

30. Sedotan ingus : super penting buat nyedot ingus bayi. buat jaga jaga kalo bayi mampet tengah malam. jangan disedot pake mulut yaa gak bagus. pake sedotan ingus khusus bayi. 

31. Stroller . penting buat kemana mana enaknya pake stroller sih gak capek gendong hehe.

32. Playmat : gak newborn banget sih ya, tapi bisa dipake buat 3 bulan keatas, bayi taro d playmat yg mainannya digantung2 gitu. megumi bikin sendiri playmat nya hehee. beli perlengkapannya di daiso trus rancang sendirii biar lebih murah. kalo gak mau repot beli jadi juga banyaak hehee

33. Sedia obat Paracetamol, buat penurun panas dirumah. buat jaga jaga kalau tengah malam panas, bisa dikasihin. kalau badan bayi panas diatas 38 derajat celcius. 

34. Tong sampah khusus buang popok bayi. yang modelnya tertutup rapat gitu, banyak dijual ditoko bayi. ini wajib ada yaaa, jangan dicampur dengan sampah rumah tangga

35. Botol semprot buat bilas abis pipis atau pup : botol semprot kayak botol parfum gitu, banyak di jual di daiso, trus di isi air, jadi abis pipis atu atau pup bilas dulu pake air kemudian di lap pake wipes. 

Sekiaaan perlengkapan bayi baru lahir ala mak megumi (catatan buat anak kedua nantinya, Insya Allah)

Semogaaa bermanfaaat :)









1 comment:

  1. banyak juga ternyata ya.. dan hampir semuanya dapet dari warisan,hehe
    alhamdulillah

    ReplyDelete

Hello 2018

Bismillah,... Lama nian tidak menulis di blog ini. Tapi malam ini sudah bertekad untuk menulis. Apapun itu alasannya. Ehehe. Karena hidup ...