Search This Blog

Tuesday, December 9, 2014

wara wiri oktober

oktober 2014,...
ceraaaaah. secerah hati melalui hari - hari. bagaimana tidak, kebahagiaan itu sederhana, sesederhana mendengar  kabar keluarga di kampung halaman, abang, uda, uni kanda dan bungsu serta sanak saudara sehat aman tentram damai. lalu kabar bahagia itu datang dari seorang sahabat yang akan menikah beberapa hari lagi. duuh shaan, masiih ingat jaman kita masih polos hahaa. yang jelas aku turut senang yaa akhirnya dikau lebih dulu melangkah ke pelaminan, memulai hidup baru, setelah rina beberapa bulan yang lalu juga sudah menemukan pendampingnya. hmmmm. then, am the last one yeaaaaah :). 
wara wiri sepanjang oktober,...
entah kenapa sepanjang oktober banyak banget yang nikah. hampir setiap wekend mendengar kabar nikahan teman. ckckck. senang pasti. apalagi liat sobat sendiri. selamat yaaaa shantii, bahagiaaaa. 
trus oneng udah hamil ajaaaa,...huaaaaaa selamaaat ya neeeeng. perutnya mulai buncit. duuuuh kaliaaan (aku kapaaan ??? hahahhaa)
laluuuuu,.....oktober tetap melaju seperti biasaa,..
foto nikahan memenuhi media sosial, tak ketinggalan foto bayi bayi lucu juga mulai bertebaran. uwowwww. gemeeess banget pengen gigit :P. 
buaaat teteh oneng dan shantii,....  selamat berlayaaar sobaaat, berlayarlah hingga sampai pada tujuan. buat yang dalam masa penantian mohon doanya yaaa semoga bisa menyusul kalian kalau sudah waktu nya hihiii ( setiap ditanya selalu bingung maw jawab apa,... insha allah sudah ada waktunya). maap yaah kalo banyak ngeles kalo di tanya (emang bingung wkwkwkwk).
pertanyaan beginian udaah sering banget, namun jawabanku masih mengambang, bahkan menambah daftar pertanyaan kalian,..hadooh,..maaap atuh yaaa (da aku mah apa atuh). yang pasti buat teteh, oneng, dan shanti yang sudah bertahun tahun penasaran dengan hal ini, makasii yaaa aku berasa di perhatiin hahaa, lebaaaay. insha allah akan dikabarin secepatnyaa. (nabung buat tiket yaaa dari sekarang hahaa:D)
eiyaaaa,, shaaan udah hamil lagi yaaa??? perasaan baru nikah kemaren yaaa??? subhanallah. selamat yaa. pengeeen ketemu kalian, pengen elus perut kalian satu satu haha. 
buat mak mak sekaliaaan, nanti boleh minta ilmunya yaa, lumayan buat bekal.wewww. 

see you all (ayooo cepat reunian sebelum kalian susah gerak, sebelum aku hengkang dari bandung (entah kapan hihihi). miss you all :)
mak mak edisi beberapa tahun lalu :)

Thursday, December 4, 2014

"For The Rest Of My Life"


I praise Allah for sending me you my love
You found me home and sail with me
And I`m here with you
Now let me let you know
You`ve opened my heart
I was always thinking that love was wrong
But everything was changed when you came along
Oooooh
And there's a couple of words I wanna say

For the rest of my life
I`ll be with you
I`ll stay by your side honest and true
Until the end of my time
I`ll be loving you, loving you
For the rest of my life
Through days and nights
I'll thank Allah for opening my eyes
Now and forever I
I`ll be there for you

I know it deep in my heart
I feel so blessed when I think of U
And I ask Allah to bless all we do
You`re my wife & my friend & my strength
And I pray we`re together in Jannah
Finally now I've found myself, I feel so strong
I guess everything was changed when you came along
Oooooh
And there's a couple of words I wanna say

For the rest of my life
I`ll be with you
I`ll stay by your side honest and true
Until the end of my time
I`ll be loving you, loving you
For the rest of my life
Through days and nights
I'll thank Allah for opening my eyes
Now and forever I
I`ll be there for you

I know it deep in my heart
& now that you`re here
In front of me I strongly feel love
And I have no doubt
And I sing it loud that I will love U eternally

For the rest of my life
I`ll be with you
I`ll stay by your side honest and true
Until the end of my time
I`ll be loving you, loving you
For the rest of my life
Through days and nights
I'll thank Allah for opening my eyes
Now and forever I
I`ll be there for you

I know it deep in my heart


-maher zain-


Thursday, October 30, 2014

Lombok Sumbawa, A Pearl Of Indonesia

Tidak berlebihan kalau banyak yang mengatakan bahwa Indonesia punya segalanya. Mungkin menurut itu benar adanya. Bagaimana tidak, Indonesia dengan alam nan cantik ini selalu memesona setiap orang yang mengunjunginya. Jika ada orang yang sangat tergila-gila dengan penjelajahan nusantara, aku adalah salah satunya J.
Meneropong kawasan Indonesia bagian timur. Hamparan gugusan nusa tenggara yang kini banyak di kunjungi. Tempat dimana beberapa pulau menyuguhkan keindahan alamnya. Pulau dengan bentangan laut jernih, hamparan hijaunya pegunungan dan eksotisnya padang rumput savana. Semua ada disana. Menarik bukan? Merasakan hawa sejuknya Indonesia bagian timur jadi daftar wajib penjelajahan.
Salah satu pulau yang terletak di gugusan pulau Nusa Tenggara adalah Pulau Lombok. Pulau kecil yang seperti magnet. Ada yang bilang Lombok adalah saingannya pulau Bali. Mungkin lebih tepatnya adalah tempat lain seindah Bali J.
Lombok menyuguhkan pemandangan alam sangat indah. Ada banyak tempat pilihan wisata yang wajib dikunjungi. Pantai-pantai dengan pasir putih, pemandangan hijaunya gunung, asrinya pedesaan yang memliki keindahan tersendiri.  
Di lepas pantai barat laut pulau Lombok terdapat tiga pulau kecil yaitu Gili air, Gili meno, dan Gili trawangan. Ketiga pulau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pantainya yang putih bersih dan airnya yang sangat jernih. Cocok untuk kegiatan wisata air khususnya menyelam atau snorkeling.
Gili trawangan merupakan pulau terbesar diantara tiga pulau yang berada dikawasan ini dan memiliki fasilitas wisata paling lengkap. Wisatawan dapat menyusuri pulau ini dengan berjalan kaki sambil menikmati pemandangan yang menyenangkan hanya ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Berjalan mengelilingi pulau Gili sembari menikmati segarnya angin pantai dan birunya laut adalah dambaan liburan yang sempurna.
Melipir ke Lombok bagian tengah. Wilayah Lombok tengah yang subur menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan. Di Lombok bagian tengah, kita akan menemukan salah satu tempat wisata yaitu Tetebatu. Tetebatu adalah tempat yang indah dengan suasana alam pegunungan. Dari tempat ini terbentang pemandangan ke arah selatan pulau Lombok, panorama gunung rinjani di utara dan pemandangan laut jika kita melihat ke arah timur. Tetebatu merupakan tempat paling sempurna untuk beristirahat bagi yang menyukai suasana alam pegunungan. Kawasan ini juga sangat cocok untuk melakukan kegiatan hiking. Di daerah ini terdapat pula 2 air terjun yaitu air terjun jukut dan air terjun joben. Bagi yang suka trekking sangat cocok untuk menjelajahi kawasan ini. bagaimanapun, singgah dan rehat di Tetebatu adalah pilihan yang tepat.
Daya tarik lombok berikutnya adalah Rinjani. Menemukan anggunnya Rinjani yang berdiri di Lombok bagian utara adalah kebahagiaan tersendiri bagi pecinta gunung. Bagi yang senang mendaki, rinjani adalah hidangan yang wajib dicicipi. Wisata gunung memiliki keindahan dan tantangan tersendiri bagi penyuka petualangan. Menapaki setiap jengkalnya dan merasakan hawa sejuk pegunungan. Gunung tertinggi kedua di indonesia ini memiliki danau kawah yang besar yaitu : Segara Anak. Pemandangan danau yang melengkapi perjananan menuju puncak rinjani. Mendaki gunung seperti menemukan ketenangan saat berada dekat dengan alam dan sekitarnya. Bisa berada di puncaknya adalah kepuasan yang tak tergantikan.
Beranjak dari Lombok menyeberang ke pulau Sumbawa. Pulau Sumbawa terletak diantara pulau Lombok dan pulau Flores. Keunikan berbeda yang kita temukan di pulau Sumbawa salah satunya adalah susu kuda liar ternyata berasal dari Sumbawa J.
Bila ingin melihat pedesaan tradisional di Sumbawa salah satu pilihannya adalah   Desa Donggo. Desa Donggo merupakan desa tradisional yang berada di suatu kawasan daratan tinggi dimana bermukim masyarakat dou donggo (manusia gunung). Desa paling tradisional di tempat ini adalah desa Mbawa dimana penduduknya masih menggunakan pakaian adat berwarna hitam dan tinggal di uma leme yang merupakan rumah tradisional masyarakat ini. Suatu hal yang menarik bisa mengenal budaya masyarakat tradisional yang masih kita miliki.
Tempat lain yang tak kalah menariknya dari Sumbawa adalah pulau Moyo. Dua pertiga wilayah Moyo merupakan kawasan cagar alam yang memliki kawasan perairan dengan taman lautnya yang indah. Bagian tengah pulau Moyo merupakan kawasan padang savana dan juga hutan yang merupakan habitat berbagai hewan. Wisata bahari pulau Moyo dan bentangan padang savana yang mengagumkan yang ada pulau Sumbawa J
Masih banyak sudut lain di Pulau Lombok dan Sumbawa dengan cerita keindahan yang berbeda. Temukan beragam keajaiban lainnya yang masih tersimpan di Lombok Sumbawa sana. Selamat bertualang J

 
http://lombokvacation.co.id/

Saturday, September 20, 2014

September ( few years ago)

the day you when away"
(M2M)

Well  I wonder could it be
When  I was dreaming 'bout you baby
You were dreaming of me
Call me crazy, call me blind
To still be suffering is stupid after all of this time

PRE-CHORUS 1
Did I lose my love to someone better
And does she love you like I do I do,
you know I really really do

CHORUS
Well heyS o much I need to say
Been lonely since the day
The day you went away
So sad but trueFor me there's only you
Been crying since the day
The day you went away

VERSE 2
I remember date and time
September twenty second Sunday twenty five after nine
In the doorway with your case
No longer shouting at each other
There were tears on our faces

PRE-CHORUS 2
And we were letting go of something special
Something we'll never have again
I know, I guess I really really know

CHORUS
The day you went awayThe day you went away

PRE-CHORUS
1CHORUS

BRIDGE
Why do we never know what we've got 'til it's gone
How could I carry on
The day you went away
Cause I've been missing you so much I have to say
Been crying since the day
The day you went away


(jumat pagi nan cerah, menatap pohon pinus dari balik jendela kantor, lagu ini bersenandung, ini adalah september (lagi). salam rindu untuk "sepasang mata cokelat" . peluk bulan september agar ia lama dalam pangkuan)

*autunm*

"potongan cerita anak petani"

tulisan ini ku dedikasikan untuk seseorang diseberang sana (kuharap kau tak pernah muak membacanya bila suatu saat nanti kau mampir ke blog ini, berkali- kali dalam hidup ini aku mencoba untuk menjadi kakak yang baik....)

suatu hari kehidupan itu tampak berjalan seolah tak ada yang terjadi. namun pada akhirnya manusia tidak akan pernah lepas dari "ujianNYA". begitulah fithrahnya manusia hidup di dunia. ujian datang silih berganti. ada yang jatuh terpuruk, kemedian tak berusaha bangkit, ada yang jatuh lalu bangkit bahkan menantangnya. tegar memang manusia tipe ini. sekali lagi hidup itu pilihan (choice). ia ada diantara birth (lahir) dan dead(mati). dan memilih itu,.... penuh pertimbangan.

september hampir usai. kau bercerita padaku tentang lemahnya hati menghadapi ujianmu. dengan ujian ini ku harap kau kuat. tapi,....... aku hampir tak mengenalimu. maafkan aku. sungguh yang terpikir olehku saat ini adalah bagaimana membuatmu bangkit. tak terseret arus nafsu yang sesat. disinilah logikamu berperan. ajak  hatimu untuk bekerja sama mempertahankan prinsipmu. kencangkanlah sabukmu (walau itu sulitt).

kau katakan bahwa ini karma untukmu. dulu pernah menyakiti seseorang. apa???? karmaaa?? aku tak salah dengar???. apakah karma tuhan berlaku untuk hambanya yang ingin berubah ke arah yang lebih baik. harusnya kita berfikir bahwa " allah telah menyelamatkanku darinya". ini malah kau katakan ini karma untukmu telah menyakiti seseorang dengan meninggalkannya. adakah yang salah dari pemahamamnku???. atau kau kah yang keliru???. tak ada cerita karma disini.

aku sama sekali tidak bermaksud untuk mengecilkan hatimu. walau rasanya kecewaku menggunung tapi tidakkah salah sikapku bila kubiarkan kau dengan ketidaktahuanmu????. baiklaaah. aku yang harus mengalah. tooh mendebat sesuatu yang pihak lain tidak paham sangat tidak baik. memikirkan cara bagaimana membuatmu paham sedang hatimu masih tertutup sulit rasanya. tapi bukan berarti mustahil. ada banyak cara dan pilihan yang allah tunjukkan.

lalu,...aku mendongengmu dengan "kisah anak petani yang berlari mengejar mimpi". kuceritakan panjang lebar. bagaimana panas terik matahari yang memanggang tubuhnya, bagaimana jalan setapak yang ia lalui setiap harinya, bagaimana hujan yang menemaninya ditengah ilalang. anak anak menunggunya. (tess tesss,....aku berkaca - kaca).

kelak putrinya tumbuh menjadi sosok yang hebat. sama sekali bukan untuk di sebut ia sebagai " ayah yang hebat". sama sekali bukan. walau tak terlihat. tapi diamnya lebih dari nyala api yang terus berkobar. untuk putriku,...lirihnya dalam hati.

apakah putri- putrinya tahu???? mereka mampu melihat jaaauuh ke dalam sorot matanya. ada tekad yang membaja disana. untuk mata teduh ayah dan ibunya, apakah mereka siap berjuang????

itulah potongan dongengku. entahlah itu akan mampir menyentuh hatimu atau hanya terbawa angin lalu. harapanku kau segera bangkit dan sadar akan kemana langkah dan arah tujuanmu. sekali lagi aku hanya ingin menjadi kakak yang baik......

"sudahkah kau telpon ayah ibu"????
belum
"berapa kali kau telpon diaa"???
berkali kali hingga beratus kali
dan malam membiarkan air mataku jatuh berserakan. sungguh, ada yang tergores disiniiii. sekali lagi maafkan aku atas kecewa ini. aku yang gagal ataukah kau yang kokoh disana???. tetiba serasa menjadi butiran debu saat kau seperti mengemis padanya.

di ujung september,.....harapan itu akan selalu ada, seperti harapan pagi yang menanti hangatnya mentari.....




Friday, August 29, 2014

**flight home**

Dear maak,...
Apa kabar pagi ini?? sedang apa maak?? Pagi yang dingin disini seperti biasa. Maak tau tidaak ada kabar bagus buat kita. Mmmm sebenarnya ini masih harapan (dan mimpi ku hee,...katanya kita akan mati kalau tidak berani bermimpi, jadi yaa aku bermimpi tiap hari agar mampu meneruskan hidup maak. Yaah maau bagaimana lagi seperti yang mereka bilang “pisces itu pemimpi ulung “ hehe aseem, seperti kabar yang akan kusampaikan ini masih berada di garis batas antara harapan dan mimpi). Tak ada yang salah dengan harapan dan mimpi bukan???.
Maaak,...
Dengarkan aku baik- baik yaaa (mak duduk diam dengan mulut tertutup rapat). Jadi begini maak aku akan pulang setiap bulan nantinya. Tak perlu menunggu aba- aba beduk dulu seperti tahun-tahun sebelumnya. saat rindu datang aku langsung terbang. Tidak ada yang rumitkan maak, kalau kita selalu berfikir semua itu mudah. Haaaaah, bagaimana ceritanya anak gadisku?? Ada apakah gerangan??Tak usah kau hiraukan perasaan mak, maak bisa menghadapi rindu. Mak sangat berpengalaman dalam mengobatinya. Jika terjadi serangan tiba- tiba mak akan lari ke pelukan ayahmu. Tenanglaaah wahai gadisku. Maak kuaat menanggung rindu (berkaca-kaca).
Maaaak,...
Ini harapan baru tentang hidup kita yang lama berjauhan. Ada terobosan baru maak (teknologi canggih yang akan mendekatkan jiwa raga kita. bukan semacam wi-fi yang katanya mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, tapi ini mendekatkan yang berjauhan sedekat-dekatnya, tanpa penghalang). Mungkin dulu mak pernah berdoa yaa agar suatu saat nanti jarak tak berarti apapun. Kita hanya sepeti dipisahkan oleh dinding pembatas saja. Benarkah maaak pernah terucap dalam doamu??? Kurasa begitu maak, doa-doamu dulu mulai bertebaran di langit dan membuat suatu awan mimpi yang memberi hujan harapan itu??.(wajah polos maak berfikir, mengacak memorinya tentang doa-doa yang pernah terucap, mungkin dulu sejak aku terbang jauh untuk pertama kalinya, mak berdoa agar aku bisa pulang setiap kalinya ia merindukan anak gadisnya, karena mengubah arah langkahku sudah tak mungkin, takdir kala itu memutuskanku untuk jauh darinya). Ingatkah maaak?? (daku pun berkaca –kaca)
Begini ceritanya...
Tentang si “Dia” (siapa diaa...??? yang akan membawamu pulang?? Kau punya pacar?? Saudagar minyak?? Maaak makin tak paham apa yang akan kau sampaikan. Tentang harapan dan mimpi, tentang kepulanganmu dengan teknologi canggih, dan tentang diaaa. Bisakah kau sederhanakan cerita ini?? agar mak paham.
Ku dengar kabar tentangnya dari sahabat-sahabatku. Bayangkan maak sahabat–sahabatku melanglang buana di atas awan dengannya. Mengelilingi nusantara dan langit Asia. Sedaap benar maak. (heep jangan sedih, suatu saat nanti akan ada saatnya moment itu tiba padamu). Lalu aku tertarik menelusuri siapakah tokoh dibalik layar suksesnya petualangan mereka. Daaaaan aku menemukannya. Diaa, diaaa pelakunyaa. Namanya AirAsia maak. Maskapai kece dengan tarif super duper murah (bayangkan  kalau aku pulang kapanpun aku mau tanpa harus mengebor kocek sampai kedalaman tak terhingga, woowww amazing).
Serasa dunia penuh warna, akhirnya dia datang juga yang akan mengubah hidupku dan pola pertemuanku dengan maak. Aku mempelajari banyak hal tentangnya. Semuanyaaa. Mulai dari siapa “dia”. Apa yang dia berikan pada semua orang. Si Dia yang murah hati. Satu hal yang tidak kutemukan disana adalah rute langsung menuju rumahku. Kok iso ???? (lantas harapan ini pupus?? selalu ada harapan.

Dunia belum berakhir seperti lirik lagu. Baiklah maak. Akan selalu ada harapan dan mimpi (seperti yang kubilang di awal). Oiyaaa mak diaa berulang tahun yang ke-10 tahun ini. mari kita doakan, semoga semua harapan dan cita – citanya tercapai, tetaplah menjadi kebanggaan dengan memberikan yang terbaik untuk semuanya J J. (semoga suatu saat nanti akan ada rute langsung menuju rumahku hehehehe)

flight home with you (someday)

pembuatan SIPA

banyak belajar dari pengalaman, berbagi dengan orang lain, dan bermanfaat adalah hal yang menyenangkan (menurutku hee). sebelum lupa tentang pengalaman itu sendiri, tulislah. barangkali suatu saat nanti kita membutuhkannya. naaaah sebelum aku lupaa detailnya (secara daya ingat manusia akan menurun karena faktor U heee, nyadaar banget akan pertambahan usia)
ini tentang pembuatan "SIPA" (sejawat yang berprofesi sebagai apoteker pasti tau apa itu SIPA. SIPA adalah surat izin praktek apoteker . Surat Izin Praktik Apoteker disingkat  SIPA adalah surat izin yang diberikan kepada  Apoteker untuk dapat melaksanakan Pekerjaan Kefarmasian pada Apotek atau Instalasi Farmasi Rumah Sakit (PP 51 tahun 2009)
 berikut langkah - langkah pembuatan SIPA :
1. memiliki KTA (kartu tanda anggota) bagi yang belum punya, bisa dibuat langsung di kantor IAI (ikatan apoteker indonesia). persyaratannya : foto 4x6, fotocopy surat sumpah, fotocopy ijazah sarjana dan profesi,
2. buat surat notifikasi (khusus buat apoteker yang akan praktek di apotek. persyaratannya : KTA, copy KTP, copy STRA, formulirnya notifikasi bisa di ambil di kantor IAI, copy surat kompetensi apoteker.
3. buat surat rekomendasi ke pengurus cabang setempat. persyaratannya : KTA, mengisi formulir yang tersedia, copy STRA (surat tanda registrasi apoteker), copy surat kompetensi
4. pengajuan SIPA ke dinas kesehatan setempat. persyaratannya : surat rekomendasi yang dari pengurus cabang , copy STRA, copy KTP, foto berwarna 3x4 (3 lembar).
 (ketentuan lengkapnya bisa di baca di PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 51 TAHUN 2009 TENTANG PEKERJAAN KEFARMASIAN ) dan sumber sumber terkait lainnya :)
semoga bermanfaat : ) :)
#note : kondisi saat pembuatan SIPA apoteker pendamping


Ikatan Apoteker Indonesia 

Saturday, August 23, 2014

cerita mudik, aku pulaaang maaak :)

27 juli 2014,......detik detik jelang mudik,..
baru kali ini sepanjang sejarah perantauanku, aku pulang pada H-1 lebaaaran. agak kawatir bakal lebaran di jalan niih kalo estimasi waktu nya sangat mepet beginii. hanya bisa berdoa dan pasrahkan padaNYA. semogaaa takbiran udah di rumah,. huuaaaa.
yeeeesss, flight home :)
packing ku tak sepadat biasanyaaa, walaupun masih agak kerempongan nyusun barang titipan sodara (biasaaa jelang lebaran banyak titipan dadakan, lumayaaan nambaah kiloan bagasii hahaaha,..yasudaah,,.. mari kita nikmati heeewww)
semuaa berjalaan lancar (walau agak tertatih tatih nyeret koper yang lumayan berat (yang penting pulang thoo :P )
okeee theeen,...sebelum mencapai bandara soetta, mampir dulu ke tangerang, liat ponakan tita sekalian mau berangkat bareng ama adik iparnya abang. oke fineee,....everything is okee.
karena akan take off jam 5 pagi jadilah berangkatnya lebih awal dari rumah abang (takut ketiduran dan bablas ketinggalan pesawat, nggak deh yaaa,...ini udah batas kritis bangeet,... harus nyampe rumah pokoknya,..)
semuaaa berjalan lancar dan tenang hingga taxi tiba di bandara Soetta.
daaan disinilah puncak kegelisahan hati  (gatau deh hati ini seperti nggak tenang, mungkin ini jawabannya)
hectic time menjelang check in.
taraaaaaa. pas check in, adik ipar abangku sebut saja melati ternyata tak bawa satu kartu identitaspun. ktp hilang, kartu keluarga gak dibawa, kartu atm gak ada. tak ada kartu. tadaaaaaaa. dan aku check in duluaan. dari situ mulailah aku paniiiiik. melati tak bisa check in. lemes rasanya. gimaana ini??? untuk pertama kalinya ngalamin kasus begini. petugas bandaranya bilang harus menghubungi kantor kepolisian terdekat. harus cepat cepat karena waktu check in  terbatas. alamaaaak pengen nangis rasanya. apalagi melati ekspresi wajahnya sudah tak bisa diterjemahkan. pucaaat sudah. akhirnya aku ambil langkah seribu berlari ke arah pintu check out mencari dimana kantor polisi terdekat di bandara. melati tertinggal jauh di belakangku. sembari mendorong troli  bagasi. mukanya tampak pias. aduuuuh ya allah. help help. dalam kebingungan dan kepanikan tiba tiba ada cs bandara yang berdiri tak jauh dari tempatku yang sedang mencari arah. aku samperin dan aku ceritakan semuanya apa yang terjadi. bodo amaaat masnya maw bantuin apa nggak, yang jelas aku panik nikkk. help. akhirnya mas cs nya sebut saja bagus dengan kerelaan hati maw nganter melati ke pos keamanan terdekat (bukan kantor polisi ternyata, tapi pos keamanan/pos jaga untuk membuat surat keterangan kehilangan KTP agar bisa check in). haduuuuuuh entahlaah debar jantungku rasanya makin kenceng.
ceritaaa masiiih panjang, detak jarum jam seperti dentuman boom weeeeww. melati nelpon kalau tiketnya harus dibawa. hadoooh tepok jidaaaatt. kenapa sampe lupa ngasih tiketnya melati. yaiyalaaah. ada ada saja. melati bilang kalo yang jemput kedalam bagus aja. dia bisa lari secara cowok kan. melati bilang kalo bagus nunggu aku di pintu check out. akhirnya aku berlari. berasa lagi maen film action di bandara judulnya "mafia narkoba", ohoooyy. udaah deeh pikirin melati dulu, nasibnya masih belum jelas niih. okeeeh tanpa liaat araah ku dorong troli bagasi secepat yang ku bisa. nabrak buleee dan lupa bisa "maap". mataku tak lepas menatap orang orang yang berseliweran kali aja ada bagus yang melambaikan tangan. hpku berdering " kamu dimana,... bagus udah di pintu check out, suara melati melengking. aku juga udah di pintuuu...?????. aku melongo tanpa kata, ternyata aku berada di pintu check in. lemeeeeeeeess. tak berdayaaa. berasa tulang belulangku copot beneran :(, gustiiiiiiii :(
aku berlari sekuat tenaga, nabrak siapapun yang menghalangi, waktu check in sudah di ambang pintu. injury time. help us. help us. maaaaaaak tolooong. karena nggak ketemu bagus di pintu check out akhirnya aku berlari nyusul ke post keamanan. disana udah ada bagus dan melati. bagus ngos ngosan abis lari dari pintu check in (karena tak menemukanku di pintu check out dia nyari ke pintu check in setelah aku pergi ke arah yang berlawanan, mbook yaaa serasa film beneraan, adegan kejar- kejaran sesama mafia haha, maaaap deh bagoes aku sudah tak bisa mikir, kakiku aja goyah niih). tak banyak komentar pak polisi yang baik hati dengan sigap memberi solusi. suratpun jadii. bagus tampak legaa. melatipun berseri.makasiii ya paak telah bertugas dengan baik. hehehehe :D
setelah pamit ke pak polisi dan bagus, aku dan melati kembali memasuki pintu check in dengan panik yang masih tersisa. plissss melati nggak lagi deh kasus ini terulang di kemudian hari. okeeeeeh
huuuufffft memasuki ruang tunggu dengan perasaan yang lega selega leganyaa, yeaaaaah.
#buaaaat cs bandara (yang berperan sebagai bagus, maap sampe lupaa nanya namanya, inget banget wajahnya yang ikutan panik hahha) makasiiiii banyaaak sudi membantu kami, mengantar melati dan rela lari lari menjemput tiket, duuh makasiiiiii. semoga rejekinya lancar dan sukses yaa :).

Landing,...BIM airport 06.00 AM
Melihat langit padang itu rasanyaaaa,..haduuuh maak pengen secepatnya tiba dirumaah. luamaaaa rasanya tak merasakan udara padang. aah lebaay. okee deeh sekali lagi mari secepatnya capcus. daaan kawaaan buaat siapapun yang mendarat di bandara pilihlah transportasi yang legal dan jelas ( sebaiknya hindari pemesanan melalui calo, harganya lumayan bengkak bisa dua kali lipatnya, duuuuuh. pelajaran yang sangat berarti buat saya dan melati. cukup deh yaaa)
at sweet home
teng tonggggg,..memasuki kampung halaman. bau makku berasa tercium dari radius beberapa kilometer. kulihat bangunan rumahku yang masih seperti dulu, sejak awal merantau 6 tahun yang lalupun masii begini. tak ada yang berubah kecuali catnya, ama pohon jambu yang hanya tinggal batangnya saja. aaaaaaa kangen setiap sudut rumah ku (mulaaai deh berkaca kaca mencium tangan mak dan ayah yang sudah menyambutku dengan haru, anaknya pulang jugaaa). uda, kanda, uni, dainung, ocid yaya semuanyaa menanti peluk ciumku.
the end,......(akhir dari mudik kali ini)
taukah kamuuuuu??? satu kardus makanan isinya oleh-oleh punya melati raib. jreeeng jreeeng, sudaaah aku tak punyaa kataaa. speclesss untuk sepanjang perjalanan mudik ini. tsaaaaah mau rebahan, badanku rasanya remuk. nanar kutatap melati yang menahan tangis. ada apakah dengan mudik kali ini???? entahlaah mel, ini ujiaaan kesabaraaan. selamaat bersabaaar. si kecil ocidku yang ganteng yang tengah menatapku membuat lelah hari ini menguaaap ke udaraa. besok lebaraaan. bahagialah menyambut hari kemenangaan.
#bandung - tangerang - soetta - BIM - pasaman barat - ujunggading - sweet home : ) :)
(panjang niaaaan rute jalan menuju rumahku hihihiihii )

google.com


Thursday, July 10, 2014

Trust allah in everything :*

bismillah jum'at pagiiiiii,...
suatu hari di kehidupan setahun terakhir. begitu banyakkah pilihan dalam hidup ini?? yang kadang bingung sendiri dalam memutuskan. huhuuu. seperti minggu ini hingga detik ini. bagaimana, bagaimana?? keputusan bijak itu seperti apa???.( menoleh ke kanan kiri, kosong, kamar ini kosong, allah help,...ummii help,..what should i do??).
baiklaaah,...ku putuskan hari ini, semoga allah ridho,..amiiiin (lupakanlah ambisimu, bersabarlah dengan apa yang ada saat ini, allah memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. belajarlah wahai hati, belajarlah untuk selalu bersyukur setiap hati, setiap waktu. belajar besyukurlah dari saudara2 mu yang tengah di uji di belahan dunia sana. bagaimana menuntut kebahagiaan yang sesungguhnya telah allah berikan. (maluuuuu sangaaat dengan ceteknya masalah yang ku keluhkan :( :( ) #lets pray for gaza, pray for our brother and sister :),
when the help of allah come??
when the help of allah come??
verily : the help of allah is always nears, subhanallah 

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; allah mengetahui, sedang kamu tidak. 
(QS :2 :216)




thankyou allah <3 <3 #barakallah jum'ah,

Sunday, June 22, 2014

ahlan wa sahlan ya ramadhan



ramadhan tibaaaa,..ramadhan tibaaa,...,
ramadhaaan. uwaaaaaww. senangnya hatiku. apa yang terlintas di benak kita kalau di tanya tentang ramadhan???. waaah banyaaak. puasa, sahur, buka puasa, ta'jil, zakat, petasan (eittsss yang terakhir maaah jaman masa kanak kanak atuhh). aiyaaaaa lebaraaaan jreng jreeng bajuu baruuu oooohh nooo. heeeem iyaaa samaa siiii. ramadhan tu yaaa,...duuuuuh waktu waktu yang terlewati begitu berhargaaa bangeeet. ibadaaah ibadaah daan ibadaah. banyak sedekaah, rajin tadarus, shalat malaam, taraweeeh. hmmm. tak sabaaar. tinggal 5 hari laggiiiiiiiii. horeeeeeeyyy :)
naaaah udaah pada tau kaan  apa itu ramadhaan ?? ramadhan itu artinyaa pembakaran. naaah lhooo bakar bakaran di bulaan ramadhan. maksudnyaa yaa bakar dosaaa.
puasaaaa. apa ituu??? (aaah moso ga taaau). pokoknyaaa menahan semua hawa nafsu yaaa, yang puasa bukan hanya mulut aja tapi semua muanyaaaa. stoooop gosyyyyyyp (salah satunya).
aiyaaaa kenapa berpuasa udah pada tau kaaan?? ituu lhooo ayat allah yg sangat populer al baqoroh 183 :
 " wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu "

begitu spesialnyaa bulaan penuh berkah ini. spesial kenapa?? allah lipatkan pahala ibadah di bulan ini. nyoookk kite kitee nabung pahala sebanyak banyaknyaa mumpung allah lagi buka sale besar besaran niiih. yaa allah pemurahnya engkau. apa lagi alasan untuk malas beribadah???? padahal allah bilang di bulan ramadhan para setan di ikat. jangan jangan setannya ada dalam diri kitaa sendirii?? huaaaaaaa sereeeem. haayuuuu kitaaa bersihkan jiwaa lapangkan hatiii, niatkaaan dalam hati semogaaa ramadhan kali ini jauh lebih berkah dan lebih baik dari sebelum dan sebelumnya. semoga allah menghitung setiap ibadah kitaa sebagai pahala.  sehingga goal kita untuk kembali fithrah bisa tercapaii. amiiiiiiiiiiin yaa allah amiiiiin ya rabbal'alamiin.


" and those who strive hard for us, we will certainly guide them in our ways
(holy quran 29 :69)

Sunday, June 15, 2014

13 juni, milad ke 56 tahun




Barakallahu maaak....
hari ini adalah hari lahir makku. maaf ya maak harusnya ini di ucapkan tepat pada waktunya. aku merekamnya dalam memori walau tak sempat lisanku berujar. tak apalah. berdoa untukmu jauh lebih penting dan berkah di sisi allah. mak sayaaaaaang, semoga barokah ya sisa umurmu, makin dekat pada allah, bertambah amalannya, makin di cintai dan disayangi orang2 disekitarmu, semua doa dari kami anak anakmu adalah yang terbaik untukmu, moga allah ridho amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin.
oiyaaa maak makin dekatkah di batas waktu???? ya allah atas usia yang berkurang jangan jadikan kami lalai. sungguh perkuatlah iman di dada kami.
Maaak,...allah ada bersama hambanYA. Maaak doakan anakmu,..masiih mencari dimana cahaya yang akan menuntunnya berjalan di jalan yang benar. Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar J J
rindu tak bertepiii......

kangeeeen niaaaan keduanyaa :*



Pada malam kesekian di tanah asing
Aku dan bungsu dari kejauhan
-love is never fade-

Sunday, May 25, 2014

coretan pagii tentang resep "bahagiaa"



suatu hari ada status teman bunyi nya begini : what are you looking for??. spontan aku koment  "kebahagiaan darlaaa,. :*. tak lama si empunya status jawab : tosss sama darlaaa. :D . yaa begitulaah. kebahagiaan lah yang manusia cari di bumi ini. namun terkadang rasanya sulit menemukan kebahagiaan ini. banyak yang bilang kebahagiaan itu dari diri sendiri. ada dalam diri sendiri. setuju???. semua kita ingin kan merasakan kebahagiaan. 
naaah kebetulaan di tangan lagi ada bacaan bagusss (recomended banget buat muslimah yang belum baca yaa. judulnya THE PERFECT MUSLIMAH by Ahmad Rifa'i Rif'an (penulis best seller "Man Sabara Zafira).  ini aku tulis disini yaa bagi yang belum baca buku nyaa . sub bab nya : AGAR HIDUP SELALU TENTRAM DAN BAHAGIA. 
begini kutipan bukunya (tanpa ada perubahan) :
"beberapa saat yang lalu saya membagi resep ini dalam sebuah komunitas, dan mereka mengaku, resep ini sangat membumi, praktis dan bisa menjadi perantara hadirnya bahagia. apa saja itu :
- hiduplah sederhana. jangan pernah menuruti gaya hidup yang tidak terjangkau oleh kemampuanmu. karena seringkali hal itulah yang membuat banyak orang melakukan hal yang nggak benar. ketika keinginan sudah melampaui kemampuan, jangan berharap hidup kita meraih kebahagiaan
- jangan suka membandingkan-bandingkan dirimu dengan oranglain. kita punya mimpi yang beda, punya potensi yang beda, punya kebutuhan yang beda, punya standar kebahagiaan yang beda. belum tentu  yang membahagiakan bagi orang lain, jika kita miliki akan membahagiakan kita. jadilah dirimu sendiri
- rajin rajinlah memikirkan nikmat tuhan yang selama ini kita remehkan. rajin rajinlah bersyukur .
- ketika kau sedang suntuk, frustasi, bete, sebel dengan situasi atau masalah yang menimpamu, jangan berdiam diri. tapi justru keluarlah. sibukkan dirimu dengan membantu menyelesaikan masalah oranglain. 
-senantiasa mendekat kepada tuhan. orang orang yang banyak berdzikir hatinya benar benar akan damai oleh tuhan. percayalah, jangankan kita, bahkan dunia ini kecil bagi allah. jangankan membalik nasib kita, bahkan menjungkirbalikkan dunia ini saja sangan mudah bagiNya. banyak banyaklah meminta padaNya. 

begitulah resep bahagiaa dalam buku THE PERFECT MUSLIMAH. bagaimana kawaan?? mari sikit sikit kita terapkan. semogaaaa  tercerahkan dan kebahagiaan dapat kita raaiiih. amiiiiin. semangaaaattttt. 

Thursday, May 22, 2014

Telaga Dahaga



Bismillah,...... ya Rahman ya Rahiiiiim.
Beberapa waktu lalu, aku yang tengah berjalan menelusuri gurun pasir, tetiba menemukan sumber air. Bukan tetiba. Salah. Dengan upaya dan pertolongan allah tentunya. Lalu, yakinkah aku dengan sumber air kali ini???. bukan sekali aku menemukan sumber air yang tampak luar segar namun setelah ku teguk tak jua melepaskan dahaga. Ya allah,....mohon petunjukMU.
Aku mendekatinya. Rasa khawatir akan kecewa kembali tampak pada langkah raguku. Namun tidak. Hatiku mengiringi langkah mantapku untuk maju. Bagimana ini??? wahai allah yang jiwa ku ada dalam genggamanNYA, mohon bimbinganMU. Perlahan aku mendekat, mendekat dan terus mendekat. Air bening hingga aku bisa melihat semuanya, apa yang ada di dasar sana. Boleh aku cicipi???. Dahaga ku sungguh di ujung kerongkongan.
Ku beranikan diri menyetuhnya dan sedetik rasanya rasa sejuk mengaliri seluruh tubuhku. Bismillah aku melangkah dan mantap mengayunkan tangan mengambil air itu dengan gemetar tanganku. Masih keraguan meliputi bathinku. Benarkah ini akan memuaskan dahagaku???. Akhirnya ku sentuhkan ke bibir dan segera mengalir seluruh tubuh. Subhanallah kerongkongan kering ini setelah bertahun lamanya seperti baru saja meminum air seluas lautan. Allahuakbar.....alhamdulillah.
Inikah yang kucari??? Sejauh kaki melangkah sejauh waktu yang membawa umur ku pada hampir saja mendekati seperempat abad. Dan kinilah rasanya muara apa yang ku cari. Kemana langkah ku selama ini???. bahkan untuk petunjuk yang kadang dunia ini mengaburkannya, aku pun tak mampu meresponnya. Ampuni aku,.....untuk lalaiku yang entah berapa lama berada dalam lorong cahaya yang temaram.
Dunia ini hanya tempat singgah. Setiap kita adalah pengembara yang nantinya akan kembali ke rumah abadi. Ambillah bekal secukupnya. Jangan terlalu berat nanti susah menemukan jalan pulang yang sesungguhnya. Begitulah bulir bulir iman yang disampaikan pada hati. Bukakan hati ini ya rabb.
Arah rumah mu yang mana??? Surga atau neraka??? Pernahkah kau mendengar seseorang dengan tiba tiba bertanya dimana rumahmu??. aku menangis. Hanya ada rasa pilu atas berkelok jalanku yang dulu.
Lama tertegun, telaga ini tetap tak berubah. Memancarkan cahaya tenang dan bening. Teguklah agar langkah mu pasti menuju jalan yang lurus. Teguklah agar kau kuat saat gelombang panas dunia merobohkan ruh-ruh tanpa iman. Wahai yang maha pengasih, jadikanlah kami hamba yang mampu membaca, mampu merespon ayat ayatMU, dan kuatkanlah kami di jalanMU. 
Barangsiapa yang allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya dia melapangkan dadanya untuk (memeluk) islam (QS.Al-An'am : 125)
i pray allah ease everything, amiiiiiieen 

                                           -hangat Jumat pagi, sedang belajar berbenah diri -


Sunday, May 18, 2014

my job "apoteker"


Menjalankan praktek profesi di apotek ternyata membuka wawasan saya tentang arti penting "peduli kesehatan pasien". selama hampir 7 bulan mengaplikasikan ilmu disana akhirnya saya sadar ilmu ini belumlah seberapa mengingat betapa kompleks nya permasalahan pasien. mulai dari segi ekonomi, sosial lingkungan bahkan aturan dan undang undang yang mengikat. 
bermacam pula peristiwa yang saya dapatkan. pernah suatu hari di awal saya berpraktek. seorang bapak datang ke apotek saya. begini kisahnya.
saya : bisa di bantu pak?
pasien : saya maw nebus resep ini buk
saya : melihat resep yang dibawa pasien. sambil melihat keabsahan resep. sepertinyaaaa???
keluhannya kenapa paak???
pasieen : ini gulaa saya naaik dok, jadi kalau malam susah tidurr.
sayaa : hahh (bengongg). nggak salah yaa. ini resepnya cuman psikotropik. mana buat gulanya???. resepnya tanpa cap pula
oooh bapak gulaa yaa??? 
pasien : iya dok
saya : (kebetulan saya pake jas profesi, pasien sering ketukar ama dokter, hadeeeeh :) ),obatnyaa nggak ada pak. jawaban singkat.
pasien : tolong dok saya susah tidur. wajahnya dibuat lemeeesss
saya : tidak ada paak. 

seringkali kita kecolongan dengan obat ini. banyak yang menggunakan tidak pada aturan yang sesuai. disitulah kita di tuntut untuk menjalankan betul apa yang tertera pada undang-undang terkait obat tersebut. jeli dalam melihat ke  absahan resep, melihat cap, terutama isi resep. pasien pasien tipe seperti ini seringkali datang di akhir minggu. entahlaaah. bukan hal mudah tentu memberi pengertian bahwa obat ini dan itu berbahaya. obat ini dan itu menyebabkan ketergantungan. umumnya masyarakat sudah tahu. tapi itulaaaah penyalah gunaan obat masih saja terjadi. tugas kita lah sejawat "apoteker" untuk mengamankan ranah kita, untuk tidak terjamah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

ada pula pasien ngotot banget ganti obat. kebetulan obatnya antibiotik. berdasarkan info dari pasiennya bahwa istrinya yang memakai obat tersebut mengalami bengkak di bagian mata. nah loooo. trusss???. itu kan obat dari dokter pak kenapa minta ganti ke kitaaa. ini bukan ranahnya apoteker untuk mengganti suatu obat tanpa persetujuan dokter. lagian kan itu diagnosanya dokter yang tahu persisnya gimana. tidak semudah itu menggati obat apalagi dengan adanya reaksi seperti itu. setelah di pengertian dengan baik dan pelan sampe akhirnya debat kusssyiiiiir akhirnya bapaknya mau mengikuti saran saya. JANGAN SEMBARANGAN MENGGANTI OBAT YAA, 

mengambil peran di ranah pelayanan berarti siap menjadi pelayan untuk pasien bukan??? membantu pasien menemukan obat yang tepat sesuai kebutuhan, memberikan informasi yang tepat, menerapkan farmakoekonomi yang lebih mementingkan kesehatan pasien di bandingkan profit (sejatinyaaaaa :D). 

enjoyed your job ^_^



Friday, May 16, 2014

suatu pagi di sebuah terminal

Mataku perih. ohh tidak. tak ada angin yang bertiup pagi ini. mengapa periiiihh?? aku menatap sosoknya yang perlahan mendekat. oohh tidaak. tolong tahan air mata ini untuk tidak menetes. jangan. jangan terllihat lemah wahai hati. bertahanlah sampai kau menemui kamar dan menumpahkannya di bantal. tolong jangan di depannya. itu hanya akan menambah perih di dadanya. daaaan, aku berhasil untuk tampak tegar dimatanya. 

Pelan waktu berjalan seolah mengerti bahwa perpisahan itu sangat dekat. Mengikuti alur ceritanya membuat perasaanku bergelombang tak menentu. Tuhaaaaan. Boleh kah aku meminta??? Meminta lukanya untuk di pindahkan saja padaku. Boleh kaaah??? God help us. Ku ikuti ekor matanya yang menerawang. Seperti pergi berkelana entah ke negeri mana. Ohh tidaaak. Mata coklatnya terluka. Aku tahu itu. aku merasakannya. Tes tess,.. tunggu. Air mata jangan menetes disini. ku mohon.

Sebentar lagi waktu akan memisahkan kita. aiiiih. Bisakah waktu berdamai denganku sebentar saja. Tolonglah perlambat laju waktu untuk sehari ini saja. Bisakah????. Begitulaah yang kulakukan, memohon sesuatu yang mustahil untuk terjadi bahkan detik ini. ayolaaah sadarlah jiwaku inilah kehidupan yang sesungguhnya. Yang mewajarkan semua luka?? Benarkah???. Aku paham kalau duka dan bahagia berdampingan bukan???
Tolong jangan katakan salam perpisahan. Katakan saja kita akan bertemu sebentar lagi. Itu jauh lebih baik untukku dengar. Baiklah aku mengalah pada waktu. Menggenggam tangannya dan mengatakannya bahwa tak kan ada sesuatu pun yang patut di risaukan. Ayolaaah kuatkan hatimu. Ada aku disini. berdamailah dengan masa lalu. Buanglah segala ingatan buruk tentang apapun.

Aku melambaikan tangan pada bis yang bergerak. Secepatnya aku berlari menjauh. Menjauh entah ke arah mana. Sudah aku tak kuat lagi. Tumpah sudah. biarlah. Apa aku malu menangis di keramaian?? Tentu tidaak?? Tatapan iba supir angkot yang tak sempat lagi ku hiraukan. Sudah lupa dimana aku sekarang. Yang jelas aku menangisi kepergiannya dengan pilu. Begitulah aku. Hanya seseorang yang belum bisa memberi apa apa untukmu. Doa doa yang senantiasa ku mohonkan pada allah agar senantiasa kau mendapat perlindungan dan rahmat dariNYA. Amiiiiiiiin ya allah,..amiiiiin.

Take care kandaaaaa,....... allah berikan kesembuhan,...
La tahzan,  innallaha ma’ana  :) (at-taubah : 40)
See you at home, We always love you <3



                                         


Hello 2018

Bismillah,... Lama nian tidak menulis di blog ini. Tapi malam ini sudah bertekad untuk menulis. Apapun itu alasannya. Ehehe. Karena hidup ...