Search This Blog

Saturday, August 26, 2017

Catatan ilmu, mengaji bersama Ust Taqy Malik

Summer holiday, yay

Hidup di Jepang penuh tantangan kawan. Tantangan yang paling paling berasa adalah menuntut ilmu agama. Yapss. Begitulah hidup di negeri minoritas, harus ada semangat dan tekad untuk tidak lelah menuntut ilmu agama. Dulu, di Indonesia sana, sangat mudah mendapatkan kajian, ceramah dari ust, ataupun sekedar rehat di mesjid sambil tafakur, ah kangeeeeennya. 

Tapi, Alhamdulillah bangeeet di Jepang masih diberi kesempatan dan kemudahan dalam menuntut ilmu, membasahi dahaga yang kering, dan melunakkan hati yg kadang mengeras. Iman itu naik turun bukan? Begitulah. Ketika ia turun maka bersegeralah mencari obatnya agar naik kembali. Alhamdulillah wa syukurillah. Allah mudahkan hambanya dalam mencari setetes ilmu. 

Ditengah panas terik matahari, suhu rata rata diatas 30 derajat setiap harinya, kedatangan Ust Taqy Malik beserta rombongan menjadi semacam oase ditengah gurun (hyperbola sekali yaa, hehe). Tpi sejujurnya memang ini adalah bahasan yang sangat kubutuhkan saat ini (pas bgt lagi menggalakkan jasmani dan rohani ini untuk terus belajar dan memahami Alquran. 

Oiyaaa, Bagi yang belum kenal siapa itu Ust Taqy Malik (akupun baru tau pas beliau datang kemari hehe). Beliau adalah seorang santri hafiz quran yang menguasai lantunan 40 imam masjidil haram dan masjid nabawi. Masya Allah. 

Lalu bagaimana prosesnya sehingga sang ust muda ini bisa menguasai hal tersebut??
Jadi sedari kecil sang ust sudah diajarkan alquran oleh orangtuanya, dibelikan kaset/video murratal berbagai imam di masjidil haram dan nabawi. Langgam pertama yang beliau pelajari dan kuasa adalah imam sa'ad al ghamdi. Beliau hafalkan alquran dari mendengar murratal sang imam. Hingga di tingkat sma beliau sudah hapal 30 juz beserta langgam dari beberapa imam. 

Disini aku baru sadar bahwa, proses menghapal alquran memang baiknya sedini mungkin, ketika masih anak2 sudah ajarkan (memang betul kok tiada kata terlambat untuk belajar, tapi rasanya kalau baru mulai menghapalkan alquran ketika sudah dewasa, ada aja tantangannya , terutama daya ingat yang cenderung mulai menururn hiks, semangaaat. 

Kenapa sih kita harus belajar Alquran? Menghapalkan Alquran? Pertanyaan ini sudah sangat umum dan sering kita dengar ya. Tpi sejauh mana kita memaknainya dan meluruskan niat untuk serius mempelajarinya dan tentu mengamalkannya. 

Keutamaan membaca alquran itu adalah diantaranya : 
  1. Mensyafaatkan orang yg di neraka. Jadi bacaan alquran kita ini nantinya bisa menjadi penolong
  2. Membaca Alquran membuat hati tentram. Benarkah? Sudah pernah merasakan? Alquran sebagai penyejuk dan penerang hati kita. Semoga kita termasuk orang yang bisa merasakannya. Amiin
  3. Allah mudahkan kita untuk mempelajari dan menghapalkan alquran. Alqomar ayat 17 22 32 40 : "Dan sesungguhnya kami mudahkan alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? "
  4. kelak di akhirat nanti orangtua kita akan dianugerahkan makhkota dari allah, untuk anak yang menghapalkan Alquran. 

Berikut ini point2 penting dalam belajar alquran menurut Ust Taqy Malik :
  1. Tajwid. Ini penting bgt. Belajar tajwid agar bacaan kita benar dan artinya pun sesuai. Makhroj huruf harus jelas. 
  2. Cari cara baca quran yang benar (kalau bisa yang bersanad kepada rasulullah)
  3. Langgam/irama : seni bacaan quran (maqomat/irama irama quran) . Maqom bayati (dibawakan oleh imam mulk). Maqom nahawa (misyari rasyid). Masing2 irama memiliki khas tersendiri.
  4. Waktu menghapal alquran yg efektif : Waktu subuh dan Waktu antara magrib dan isya
  5. Dengan alquran kita bisa menguasai semuanya.
  6. Hadist : sesungguhnya allah mengangkat derajat suatu kamu dengan kitab ini (alquran) di dunia maupun akhirat
  7. Rumah yang dibacakan alquran akan bercahaya (menjadi sumber cahaya)
  8. Quran bersifat kareem (dermawan) : memberi sebelum diminta
  9. Membaca alquran 1 huruf : 10 kebaikan 

Ust Taqy menceritakan bagaimana seorang Sayyidina Ali menjadikan Alquran sebagai petunjuk hidupnya, beliau berkata bahwa "bahkan ketika tongkatku hilangpun, maka aku akan mencarinya dalam Alquran. Masya Allah. Begitu dekat dan lekat jiwanya terhadap alquran. Begitu percayanya beliau pada kitab Allah.

Ust Taqy juga menceritakan pengalamannya yang menakjubkan saat berkunjung ke Sidney, Austaralia, dimana saat beliau bacaan Alquran, ada seorang bule yang mendengarkan sambil meneteskan air mata. Ya Allah bahkan seorang non muslimpun bisa merasakan getaran indah ayat suci Alquran ketika dibacakan. Semoga beliau mendapat hidayah. Amiiin. 

Sejujurnya, cerita tersebut sangat membuatku tertohok. Kapan terakhir membersamai Alquran dengan air mata???๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ

 “Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

*catatan ilmu dunia akhirat. 
(Ya Rabb, jadikanlah kami lebih baik dari sebelumnya, Amiin)


Wednesday, August 9, 2017

Open campus : tokyo institute of technology

Hari ini adalah acara open campus di kampus tokyo institute of tecnology atau dalam bahasa jepang disebut tokodai. Acara open campus ini adalah agenda rutin setiap tahunnya. Melihat pemandangan kampus dan hiruk pikuk mahasiswa dan calon mahasiswa mengingatkan saya akan kampus dan segala aktivitasnya hehe. Jadi pengen kuliah lagi hehehe. Semoga ada rejekinya yaa. Amiiiiin.

Barusan dapat brosur (dalam bahasa jepang) tentang program dan jurusan apa aja yang ada dikampus ini. Ada jadwal presentasi dari setiap lab. Jadi bagi calon mahasiswa yg tertarik maka bisa mengikuti presentasi dilab tersebut. Kuliah di jepang katanya concern di riset/eksperiment. Kalau kuliah teoritis itu biasanya gak banyak. Riset lebih diutamakan. Mgkn kalo teori mata kuliahnya bisa dibaca dirumah kali yaa๐Ÿ˜๐Ÿ˜.

Acara ini menjadi menarik sih menurutku, karena dulu kalo di indonesia, kalau mai masuk kuliah harus tes smpb/snmptn dan gak ada open campus alias pengenalan jurusan terlebih dahulu. Kalau mau lebih banyak ttg jurusan yang kita pengen maka baca dari internet aja atau bertanya ke senior. Itupun kalo niat banget ama jurusannya haha.  Eh tapi semoga generasi sekarang lebih bagus dan lebih matang yaa dalam mempersiapkan diri masuk universitas.

Lanjut lagi hari ini. Akhirnya kita memilih untuk mengikuti presentasi lab biologi karena ada hubungannya dengan kuliah ku dulu. Siapa tahu suatu hari bisa berjodoh dengan kampus ini hehe. Aku dan suami, dan si kecil megumi memasuki gedung lab. Penjelasan dalam bahasa jepang sangat sulit dimengerti ternyata. Walhasil gak lama akhirnya kota menyerah dan keluar ruangan.

Well, jadi open campus ini sebenarnya buat anak anak sma yang akan melanjutkan pendidikan s1, jadi memang sasaran utamanya adalah orang jepang  semua, bukan program master ataupun doktor sehingga buku panduan bahasa inggrispun tidak ditemukan kemaren.

Yaa, itulah sekilas tentang open campus tokyo institute of tecnology yang kuhadiri kemaren. Itung2 jalan jalan ke kampus sama bayik hehe, dan kebetulan suami lagi libur  nge lab☺️☺️☺️.

Berminat kuliah di jepang?? (Pertanyataan buat diri sendiri juga hehehe)
Lanjutkaaaan๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช.
Yang penting berani mencobaa yaaahh, dan jangan lupa usaha dan doaa
Semangaaaaat๐Ÿ™

tokyo institute of technology


Nasehat pernikahan

Dalam sebuah perjalanan menuju tempat buka bersama di pusat kota, tetiba aku mengingat banyak hal terutama tentang ramadhan ramadhan yang sudah kulalui. Duluu, ramadhan adalah saat dimana aku dan keluargaku beriringan menuju masjid untuk shalat tarawih, lalu kemudian hiruk pikuk kampungku lepas tarawih yg masih saja ramai, seperti siang saja. Sahur menjadi moment yang saangaat kurindukan ketika akhirnya aku jauh dari rumah, bagaimana ibuku menyiapkan segala sesuatunya untuk kami sekeluarga, tanpa membangunkan kami untuk membantunya. Ah aku selalu ingin menangis kalau ingat rumah. Kasiih ibu dan bapaak, tanpa pamrih yaa๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ.
Melewati ramadhan di kota kembang, hampir 7 tahun tentu menyisakan kenangan. Teman kosan menjadi keluarga kedua hehe.

Hidup berjalan seperti mimpi, karena akhirnya aku menikah wkwk (yaaah, jalan hidup memang rahasia Allah, kita hamba hanya mampu berusaha sekuat tenaga menjadi yang terbaik didunia).

Balik lagi keperenunganku dalam perjalanan tadi, semakin kuingat semua, semakin kurindu untuk pulang dan bertemu, ah siapa sih yang nggak kangen orangtuanya?? Semoga ada rejekinya tahun depan bisa pulang, Amiiiiin.

Apa yang kemudian menari nari dibenakku sepanjang perjalanan ini?? Ya ya, sosok ibu lagi lagi mengingatkanku akan segala sesuatu tentangnya termasuk urusan menikah ini. Sampai hari ini, detik ini ibuku selalu bilang tak pernah lupaa disetiap akhir teleponnya agar aku selalu berbakti kepada suamiku. Suami adalah pemimpin dalam rumah tangga katanya suatu hari, maka patuh dan taat adalah kewajiban istri . Kalimat ini hampir selalu di ulang (mungkin ibuku tau betapa pembangkangnya anaknya ini, keras kepala dan susah diatur).

Ah ibuku, waktu itu aku ingin sekali bilang kalau, ya kan suami juga harus begini begitu dll, yg dalam pikiranku suami dan istri adalah teman yang saling beriringan bukan satu raja satu pelayan. Bigg nooo. Inilah yang aku benci dari sebuah pernikahan yang sehari harinya banyak kusaksikan dikampungku dulu. Sejujurnya aku remaja memang tak ada daya upaya untuk melawan ketidaksesuaian yang selalu kulihat itu, hanya saja aku selalu mencatatnya bahwa kelak aku menikah tidak akan seperti ini, tidak bisa seperti ini๐Ÿ˜ 

Suatu hari aku menemukan potret kehidupan rumah tangga teladan yang menurutku bagus dan ideal. Yaa harusnya seperti ini. Dimana ada saling menghormati dan menghargai antara suami dan istri.

"Mas tolong ini....
Mas makasi yaa...
Ah indah sekali, ketika yg satu minta tolong, pihak lain bilang makasi.๐Ÿ˜๐Ÿ˜
(Semoga yg begini bisa kita budayakan ya paa, lebih indah bahasa komunikasinya)

2 tahun menikah seperti mimpi  hehe. Karena kehidupan pasca menikah itu buaaaanyak sekali belajarnya. kupikir dulu, mengenal hanya saat taaruf, ternyata sampai hari inipun kami masih belajar untuk mengenal satu sama lain. Yaa ada saja hal baru yang kemudian kita sadari bahwa itulah pasangan kita, kurang dan lebih harus kita syukuri.

Ujian rumah tangga itu akan ada. tugas kita berdua yang akan menghadapinya. ibaratnya yaa, kita sedang berlayar di samudera lepas, nggak ombak tinggi, angin kencang bahkan tantangan lain seperti bajak laut atau hewan laut buas kemungkinan datang menyerang. Bersiaplah dengan segala ujian yang ada. bekalmu cukup iman dan taqwa. mintalah selalu pertolongan kepada Allah SWT.

Masih dalam perjalanan kala itu, wajah ayah ibu makin jelas dan nasehatnya kembali terngiang. tak terasa memang air mata jatuh mengenangnya. ah aku bukan gadis kecil mereka lagi. setiap duri yang kini kulewati akan sepenuhnya adalah tanggungjawab suamiku, bukan lagi mengadu kepada mereka. rumah tangga ini, semoga sakinah, mawaddah, warahmah, seperti doa doa yang dilantunkan, Amiiiin.







Monday, August 7, 2017

Japan life

Japan life style ๐Ÿ‡ฏ๐Ÿ‡ต


Pake masker klo sakit๐Ÿ˜ท
Ngerokok ada tempatnya
Jalannya naik turun, pake sneaker lebih aman
Parkiran ada batasnya. Pake tanda batas
Pake seragam semua, supiir taksi juga pake seragam
Pintu taksi g usah d tutup ya, nutup sendiri, kecuali pintu depan
Naek transportasi umum, bayar dulu baru naek
Gak ada kenek๐Ÿ˜†
Gak ada ojeg, gak ada angkot๐Ÿ˜†
Alpukat itu sayur yaa bukan buah๐Ÿ
Panda usagi koala, lagu anak jepang
Kore Wa arismasuka? Yg ini ada gak?
Ano, sumimasen shashin o tottemo ii desuka? Maw foto bareng, boleh?
Kore wa ikura desuka? Yg ini harganya berapa?
Matta nee : sampai jumpa/see you
Masker doraemon gak ada di jepang, masker doraemon yg saya bawa di bilang kawaiiiiii, doraemong mask๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„
Air kran bisa langsung di minum๐Ÿ˜ฑ
Musim dingin paling enak makan pake kotatsu
Bayi di panggil "akachan"
Popok namanya "omutsu"
Public transportation oke bgt
Tas sekolah anak sd gede semua
Dimana ada perbaikan (jalan, gedung dll) di situ ada sekuritii
Piknik di musim semi namanya "hanami"๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
Piknik di musim gugur namanya "momiji"๐Ÿ‚๐Ÿ๐Ÿ๐Ÿ‚
Susah menemukan tempat sampah, kalo ada sampah sendiri,kantongin bawa pulang yaa, buang dirumah haha
Dimana mana orang akan antri, jadi jangan coba2 nyerobot yaa malu sendiri nanti๐Ÿ˜ƒ
Sore sore paling sering ketemu orang jepang jalan jalan bawa anjingnya, anjingnya lucu2 dan ada yg pake baju
Kalo anjing puup/pipis maka dibersihin sama pemiliknya lgsg, jdi jalanan tetap bersih
Naik kereta bayar pakai pasmo/suica : uang elektronik, jadi bisa diisi ulang kalo saldo abis




#randomnulis








Hello 2018

Bismillah,... Lama nian tidak menulis di blog ini. Tapi malam ini sudah bertekad untuk menulis. Apapun itu alasannya. Ehehe. Karena hidup ...