Search This Blog

Wednesday, September 27, 2017

Resep Masakan Jepang, Tempura dan Somen



Waah sudah sekian lama gak capciscuss lagi di blog ini, hmmmm. berharap target menulis (dari hati) makin membaik dari hari ke hari yaaay ☺(Amiiiiin).

Kali ini mau berbagi tulisan tentang resep makanan dari negeri sakura. salah satu jenis makanan khas jepang namanya Tempura. makanan jenis ini terbuat dari sayur dan seafood yang di goreng dengan tepung khusus. YUUUK, simak step by stepnya :). kali aja suatu hari mau bikin di indonesia, atau ada yang ingin menjamu teman dari jepang, bisa bikin masakan ini, cukup gampang sih (asal sesuai instruksi hehe)

Teman teman jepang saya yang baik hati dengan senang hari berbagi resep ini dengan teknik pembuatan ala jepang tentunya, arigatou ne ☺❤❤


 Bahan Bahan :
Seafood  : jenis seafood yang biasa digunakan adalah Udang (udangnya yang ukuran besar yaa), cumi dll
Sayuran : jenis sayurannya antara lain : terong ungu, ubi, labu, piman (sejenis paprika hijau), buncis, lobak (daikon) 
Somen : sejenis mie jepang yang lebih kecil dan halus dibandingkan udon

Bumbu : 
tepung khusus tempura (jika tidak ada dan menggunakan tepung biasa, maka harus sesuai petunjuk pembuatan tempura)
dashi flakes 
dashi konbu (sejenis dashi rumput laut)
shoyou 
gula 

Cara membuat :

1. Somen 
Mie somen di rebus dulu, masak hanya 2 menit saja agar tidak lembet dan hancur. 
kuah somen : cara membuat kuah somen yaitu : dashi konbu di panasin (direndam air panas selama 30 menit). sampe kira2 timbul gelembung sedikit. jangan sampe mendidih yaa. kemudian konbunya di angkat dan sisihkan. konbu itu rumput laut yang berbentuk lembaran. kemudian air rebusan konbu dicampur dengan dashi flakes (dashi yang terbuat dari ikan, bentuknya lembaran2 halus, kayak yang ditabur di atas takoyaki atau okonomoyaki), dashinya cukup direndam sebentar, trus angkat dan sisihkan. jadi air rendamannya sudah mengandung dashi konbu dan dashi flakes ya. wangi sekalii ini hehe. kemudian tambahkan shoyu dan gula secukupnya. 


kuah somen


2. TEMPURA
Pertama tama : siangi udang dulu. kupas udang, buang kulitnya, ekornya tidak dibuang, satu sisi dari kulit bagian akhir (dekat ekor) itu tidak dibuang. kemudian iris badan udang, pada ruas ruasnya tapi tidak sampai terpotong, agar udang bisa lurus (tidak bengkok). iris di dua sisi. 

bentuk udang yang sudah dikupas dan di iris dikedua sisi

Selanjutnya, potong potong sayur (sesuai selera sih), yang penting ukurannya jangan terlalu kecil. untuk terong ungu bisa dipotong bentuk kipas atau memanjang. 

Adonan tempura : sesuai petunjuk takaran pada kemasan, tepung tambahkan air. aduk pelan saja (jangan di aduk terlalu kencang katanya). tidak perlu ditambahkan gula garam dll ya. cukup ini saja. untuk tepung jika tidak menggunakan khusus tempura, misal tepung terigu, bisa digunakan sesuai petunjuk untuk pembuatan adonan tempura :)

tepung yang digunakan (khusus untuk membuat tempura)

adonan tepung yang sudah ditambahkan air

udang 

ubi 


3. Kakiage
Kakiage sejenis bakwan/bala versi jepang (kalo kata saya hehe). pembuatannya pun mirip. tapi ini menggunakan tepung tempura.

Bahan bahan untuk kakiage :
Gobo (sejenis sayur )
wortel
bawang bombai
shiso (ini adalah sejenis daun yang sering pakai untuk berbagai masakan, dan bagus untuk kesehatan katanya. dan selalu saya cuekin ketika belanja sayur karena gatau itu daun apa haha, akhirnya tau juga pas masak masak ini). iris tipis memanjang semua sayur ini.

adona kakiage.

Untuk teknik menggorengnya. celupkan bahan sayuran ini, kira2 satu sendok kedalam tepung, angkat membentuk bola bola, tapi usahakan tepungnya tidak ikut terangkat (tepung yang ikut digoreng sesedikit mungkin). kebalikan sama bikin bala bala yaah, banyakan tepung dibanding sayur hehe. kalau kakiage ini modelnya kayak sarang sayuran loh hehe. 

kakiage

hasilnya seperti berikut :

Udang, ubi, terong ungu, piman, kakiage (kalo kakiage yang biasa dijual ukurannya lebih besar dan mirip sarang sayuran)

Tipsnya :
Gunakan minyak yang cukup banyak agar adonan terendam dengan baik
Usahakan kondisi minyak selalu bersih yaa dari sisa adonan.
Khusus untuk udang, maka bagian ekor tidak ikut tercelup ke adonan tepung ya ☺☺☺

Selamat mencoba ☺☺❤❤

No comments:

Post a Comment

Hello 2018

Bismillah,... Lama nian tidak menulis di blog ini. Tapi malam ini sudah bertekad untuk menulis. Apapun itu alasannya. Ehehe. Karena hidup ...