Search This Blog

Thursday, October 30, 2014

Lombok Sumbawa, A Pearl Of Indonesia

Tidak berlebihan kalau banyak yang mengatakan bahwa Indonesia punya segalanya. Mungkin menurut itu benar adanya. Bagaimana tidak, Indonesia dengan alam nan cantik ini selalu memesona setiap orang yang mengunjunginya. Jika ada orang yang sangat tergila-gila dengan penjelajahan nusantara, aku adalah salah satunya J.
Meneropong kawasan Indonesia bagian timur. Hamparan gugusan nusa tenggara yang kini banyak di kunjungi. Tempat dimana beberapa pulau menyuguhkan keindahan alamnya. Pulau dengan bentangan laut jernih, hamparan hijaunya pegunungan dan eksotisnya padang rumput savana. Semua ada disana. Menarik bukan? Merasakan hawa sejuknya Indonesia bagian timur jadi daftar wajib penjelajahan.
Salah satu pulau yang terletak di gugusan pulau Nusa Tenggara adalah Pulau Lombok. Pulau kecil yang seperti magnet. Ada yang bilang Lombok adalah saingannya pulau Bali. Mungkin lebih tepatnya adalah tempat lain seindah Bali J.
Lombok menyuguhkan pemandangan alam sangat indah. Ada banyak tempat pilihan wisata yang wajib dikunjungi. Pantai-pantai dengan pasir putih, pemandangan hijaunya gunung, asrinya pedesaan yang memliki keindahan tersendiri.  
Di lepas pantai barat laut pulau Lombok terdapat tiga pulau kecil yaitu Gili air, Gili meno, dan Gili trawangan. Ketiga pulau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan pantainya yang putih bersih dan airnya yang sangat jernih. Cocok untuk kegiatan wisata air khususnya menyelam atau snorkeling.
Gili trawangan merupakan pulau terbesar diantara tiga pulau yang berada dikawasan ini dan memiliki fasilitas wisata paling lengkap. Wisatawan dapat menyusuri pulau ini dengan berjalan kaki sambil menikmati pemandangan yang menyenangkan hanya ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Berjalan mengelilingi pulau Gili sembari menikmati segarnya angin pantai dan birunya laut adalah dambaan liburan yang sempurna.
Melipir ke Lombok bagian tengah. Wilayah Lombok tengah yang subur menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan. Di Lombok bagian tengah, kita akan menemukan salah satu tempat wisata yaitu Tetebatu. Tetebatu adalah tempat yang indah dengan suasana alam pegunungan. Dari tempat ini terbentang pemandangan ke arah selatan pulau Lombok, panorama gunung rinjani di utara dan pemandangan laut jika kita melihat ke arah timur. Tetebatu merupakan tempat paling sempurna untuk beristirahat bagi yang menyukai suasana alam pegunungan. Kawasan ini juga sangat cocok untuk melakukan kegiatan hiking. Di daerah ini terdapat pula 2 air terjun yaitu air terjun jukut dan air terjun joben. Bagi yang suka trekking sangat cocok untuk menjelajahi kawasan ini. bagaimanapun, singgah dan rehat di Tetebatu adalah pilihan yang tepat.
Daya tarik lombok berikutnya adalah Rinjani. Menemukan anggunnya Rinjani yang berdiri di Lombok bagian utara adalah kebahagiaan tersendiri bagi pecinta gunung. Bagi yang senang mendaki, rinjani adalah hidangan yang wajib dicicipi. Wisata gunung memiliki keindahan dan tantangan tersendiri bagi penyuka petualangan. Menapaki setiap jengkalnya dan merasakan hawa sejuk pegunungan. Gunung tertinggi kedua di indonesia ini memiliki danau kawah yang besar yaitu : Segara Anak. Pemandangan danau yang melengkapi perjananan menuju puncak rinjani. Mendaki gunung seperti menemukan ketenangan saat berada dekat dengan alam dan sekitarnya. Bisa berada di puncaknya adalah kepuasan yang tak tergantikan.
Beranjak dari Lombok menyeberang ke pulau Sumbawa. Pulau Sumbawa terletak diantara pulau Lombok dan pulau Flores. Keunikan berbeda yang kita temukan di pulau Sumbawa salah satunya adalah susu kuda liar ternyata berasal dari Sumbawa J.
Bila ingin melihat pedesaan tradisional di Sumbawa salah satu pilihannya adalah   Desa Donggo. Desa Donggo merupakan desa tradisional yang berada di suatu kawasan daratan tinggi dimana bermukim masyarakat dou donggo (manusia gunung). Desa paling tradisional di tempat ini adalah desa Mbawa dimana penduduknya masih menggunakan pakaian adat berwarna hitam dan tinggal di uma leme yang merupakan rumah tradisional masyarakat ini. Suatu hal yang menarik bisa mengenal budaya masyarakat tradisional yang masih kita miliki.
Tempat lain yang tak kalah menariknya dari Sumbawa adalah pulau Moyo. Dua pertiga wilayah Moyo merupakan kawasan cagar alam yang memliki kawasan perairan dengan taman lautnya yang indah. Bagian tengah pulau Moyo merupakan kawasan padang savana dan juga hutan yang merupakan habitat berbagai hewan. Wisata bahari pulau Moyo dan bentangan padang savana yang mengagumkan yang ada pulau Sumbawa J
Masih banyak sudut lain di Pulau Lombok dan Sumbawa dengan cerita keindahan yang berbeda. Temukan beragam keajaiban lainnya yang masih tersimpan di Lombok Sumbawa sana. Selamat bertualang J

 
http://lombokvacation.co.id/

No comments:

Post a Comment

Hello 2018

Bismillah,... Lama nian tidak menulis di blog ini. Tapi malam ini sudah bertekad untuk menulis. Apapun itu alasannya. Ehehe. Karena hidup ...